Masuk Awal Penghujan, Warga Harus Waspada Bencana

Salah satu pengendara tampak menerobos hujan angin yang terjadi di wilayah OKUS, Minggu (01/12/2019). Foto kriss/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Memasuki awal musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan (OKUS) mengimbau agar masyarakat lebih waspada akan bencana, terutama yang tinggal di daerah rawan.

Dimana menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan telah dimulai sejak November, Minggu (01/12/2019).

Dari pengamatan koran ini, Wilayah OKUS sejak beberapa minggu belakangan ini mulai di guyur hujan setelah sekian lama menghadapi kemarau. Hujan di wilayah OKU Selatan ini disambut oleh masyarakat, terutama bagi para petani, karena lahan milik mereka sudah lama tidak di harap, baik dari tanaman padi, jagung hingga tanaman sayur-sayuran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKUS, Doni Agusta SKM MM mengatakan, dilihat beberapa minggu belakangan ini di wilayah OKUS sudah mulai di guyur hujan. Mengingat dari hasil BMGK hujan mulai turun pada November kemarin, dari itu masyarakat OKUS diminta tetap waspada dengan ancaman bencana.

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Doni, BPBD OKUS bersama dengan BMKG terus melakukan koordinasi. Pasalnya, banyak bencana yang dapat terjadi pada musim hujan, seperti banjir, longsor, atau puting beliung. Doni pun mengimbau agar masyarakat lebih waspada.

“Bagi masyarakat, sekali lagi kami berikan info, baik melalui BPBD maupun media sosial, bagi mereka yang melihat anomali cuaca, misalnya, hujan dengan intensitas yang tinggi maka yang tinggal di bantaran sungai atau daerah rawan longsor diminta supaya bisa lebih waspada,” katanya. (tian)