Delapan Rumah Ludes, Tiga Rumah Rusak Berat

Puing-Puing bangunan yang dilahap si jago merah di Desa Karang Dapo Lama Kecamatan Sikap Dalam Kabupaten Empat Lawang, Senin (02/12/2019). Foto: padri/Palpos.ID

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Walaupun hujan turun sijago merah tetap saja melahap pemukiman warga di Desa Karang Dapo Lama Kecamatan Sikap Dalam Kabupaten Empat Lawang.

Api baru bisa padam setelah warga memadamkannya dengan alat seadanya, sebelum dibantu pihak Pemadam Kebakaran. “Ada tiga unit damkar dari Desa Padang Tepong Kecamatan Pendopo dan Kecamatan Muara Pinang,” kata Kepala Desa Karang Dapo Lama Pausu, saat dihubungi awak media melalui pesan singkat Whatsapp (WA), Senin (02/12/2019).

Dari data yang dihimpun, kebakaran terjadi, Senin (02/12/2019), sekitar pukul 00.30 WIB. Delapan rumah ludes terbakar hingga menyebabkan delapan Kepala Keluarga (KK) atau 25 jiwa kehilangan tempat tinggal. Selain itu, tiga rumah warga lainnya rusak berat.

Kedelapan rumah warga yang hangus terbakar itu, yakni milik Sainin, Iwan Yes, Pausan, Lan, Cik Am, Jon Water, Lan Tati, dan Jamin. Sementara tiga rumah yang rusak berat itu dihuni oleh Boby, Ispan, dan Aina Cikmak.

“Diduga akibat arus pendek Listrik (Korsleting Listrik). Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Sedangkan kerugian ditaksir mencapai Rp 400 juta dan satu unit sepeda motor,” ungkap kades.

Sebagai Pemerintah Desa Karang Dapo Lama, dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Empat Lawang bisa memberikan bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran di Kecamatan Sikap Dalam, dan dapat membantu korban kebakaran.

“Kedepan semoga Kecamatan Sikap Dalam diberikan satu unit damkar. Dan semoga Pemerintah Daerah dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah untuk dapat membangun kembali rumah mereka,” tukasnya. (pad)