Gubernur Herman Deru Diundang Dubes ke Kroasia

Gubernur Sumsel H Herman Deru ditemui wartawan usai makan siang bersama Dubes Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin Zainal Pagaralam (ZP), Senin (02/12/2019). Foto: humas pemprov sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Gubernur Sumsel H Herman Deru mendapat undangan khusus dari Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kroasia, dalam  mempromosikan Sumsel pada resepsi Diplomatik di Kroasia yang akan berlangsung pada April 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Herman Deru disela-sela jamuan makan siang bersama Dubes Indonesia untuk Kroasia, Sjachroedin Zainal Pagaralam (ZP), di Rumah Makan (RM) Sarinande Palembang, Senin (02/12/2019).

“Saya diundang Pak Sjachroedin ZP untuk hadir pada  resepsi diplomatik di Kroasia yang akan berlangsung pada April 2020 mendatang. Di sana nanti kita diberikan kesempatan untuk mempromosikan Sumatera Selatan dalam berbagai bidang. Seperti pariwisata, baik kuliner maupun adat istiadat dan budaya Sumsel, agar Sumsel semakin dikenal luas di kancah internasional,” tegas Herman Deru.

Ditambahkannya, Dubes Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP  merupakan mantan Gubernur Lampung periode 2004-2008 dan 2009-2014 adalah sosok panutannya dengan berbagai prestasi yang berhasil diukirnya.

“Saya pengagum beliau, karena ada rentang generasi yang jauh antara saya dan dia. Beliau hadir ke sini sekaligus untuk memberikan selamat atas terpilihnya saya sebagai Gubernur Sumsel pilihan rakyat,” tandasnya.

Sementara itu Dubes Indonesia untuk Kroasia, Sjachroedin ZP dikesempatan ini membenarkan dirinya mengundang Gubernur Herman Deru untuk tampil pada resepsi diplomatik di Kroasia. “Iya. Saya mau mempromosikan Sumatera Selatan di Kroasia, April tahun depan. Bagaimana kita menjadikan ‘Wong Kito Galo’ di Kroasia nanti,” ujar alumni Akpol tahun 1970 itu.

Menurut Sjachroedin ZP, Sumsel kaya akan potensi budaya untuk dikenalkan di mancanegara. Mulai dari tari-tariannya, kain tradisional songket dan kain tenun. ‘’Saya cukup lama dinas di Sumsel selama 9 tahun lebih. Memulai karir di sini, sehingga kehidupan di Palembang sangat melekat di hati saya,” tutur Dubes Indonesia untuk Kroasia sejak tahun 2017 itu.

Dalam jamuan makan siang antara Gubernur Sumsel H Herman Deru dengan Dubes Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP, di RM Sarinande dengan sajian menu khas Palembang berupa pindang ikan belida. (bar)