Kabel, Sampah dan Pipa Tutupi Drainase hingga Banjir

Wawako Palembang Palembang Fitrianti Agustinda saat meninjau ke lokasi, Senin (02/12/2019). Foto: Cuci/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Banjir yang kerap terjadi di Jalan Kolonel H Burlian, tepatnya di depan Pool Damri, Km 9 masih menjadi perhatian Pemkot Palembang. Senin (02/12/2019) Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda kembali melakukan peninjauan di kawasan tersebut.

Hasilnya, di dalam saluran air yang berada di kawasan tersebut selain banyak sampah di dalam drainase juga ditemukan kabel serta pipa yang tidak berfungsi. Kemudian, endapan (sedimentasi) di dalam drainase juga sangat banyak, sehingga membuat aliran air tersumbat.

Pihak Dinas PU PR Kota Palembang mengerahkan dua unit mobil truk untuk mengangkut hasi pengerukan endapan pasir yang berada di drainase tersebut. “Saya datang memantau kawasan ini, yang menjadi kebiasaan langganan banjir. Untuk memastikan kedepannya, daerah ini aliran airnya mengalir dengan lancar, tadi sudah disampaikan dari Pihak Balai Besar, sudah disampaikan dari PU, bahwa mereka sedang melakukan tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah banjir aliran air yang tersendat,” ujar Fitri usai meninjau ke lokasi.

Mengenai temuan kabel dan pipa di saluran, sambung Fitri, sampai saat ini belum diketahui milik siapa. “Tapi dalam waktu dekat kita akan segera memanggil beberapa provider serta pihak terkait lainnya untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas pipa dan kabel yang di dalam saluran,” ujarnya.

Fitri juga meminta sejumlah warung yang berada diatas drainase untuk segera ditertibkan. “Disini banyak saluran air yang sudah tertutup menjadi warung, tadi saya periksa sampahnya juga dibuang ke saluran. Tentu saja ini akan berdampak mempersulit kerja kita untuk dalam arti menjaga kebersihan. Jadi saya mohon kerja samanya seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, karena ini bukan hanya beban Pemerintah Kota Palembang, tapi juga menjadi beban sama-sama supaya sama-sama bekerja dengan baik menjaga lingkungan yang ada,” jelasnya. (sef/uci)