Pelantikan Kades Terpilih di OKU Selatan Belum Terjadwal

Kadin PMPD saat berdialog dengan Kabid Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa terkait tahapan Pilkades, Senin (02/12/2019). Foto kris/Palpos.ID

MUARADUA, PALPOS.ID – Jadwal pelantikan 97 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil dari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar pada 21 November 2019, hingga kini belum ada kepastian.

Hal ini sendiri sebagaimana yang diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Kabupaten OKU Selatan, Juproni SPdI MSi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa, Iqbal Surya SKom, Senin (02/12/2019).

Dirinya menyampaikan, bahwa saat ini proses Pilkades tersebut masih dalam tahap penyerahan dokumen berita acara hasil pemilihan dari Panitia Desa ke Panitia Kabupaten. Setelah itu akan dilanjutkan dengan proses penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati OKU Selatan.

“Sekarang masih dalam tahap penerbitan SK Bupati OKU Selatan, dengan begitu untuk jadwal pelantikan belum bisa kami sampaikan,” terangnya.

Adapun terkait penetapan pelantikan Kades terpilih, ujarnya hal itu juga belum bisa dipastikan, mengingat saat ini masih dalam proses penyelesaian Dokumen Hasil Pemilihan serta penerbitan SK Bupati.

“Untuk jadwal pelantikan Kades terpilih dari 97 Desa ini masih menunggu seluruh tahapan-tahapan selesai semuanya, termasuk SK Bupati OKU Selatan, dan pada waktunya baru akan dilakukan penetapan jadwal pelantikan,” tuturnya.

“Kalau sekarang kami belum bisa menyampaikan baik secara gambaran atau secara pastinya, karena proses tahapannya saja belum selesai semua. Sebab waktu penyerahan hasil pemilihan dari desa ke kabupaten waktunya cukup panjang,” ucapnya.

Maka untuk itu, sambungnya pelantikan Kades terpilih tersebut baru akan dapat dilakukan jika semua proses sudah selesai dilakukan. ‘’Dan telah ada ketetapan dari Bupati OKU Selatan,” tandasnya. (tian)