PKL Jalan Radial “Disapu” Satpol PP Palembang

Personel Satpol PP Palembang membongkar sejumlah PKL di kawasan Jalan Radial, Senin (02/12/2019). Foto : mizon/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Karena tidak mengindahkan surat peringatan yang dilayangkan Satpol PP Kota Palembang, beberapa Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) di sepanjang ruas Jalan Radial, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil Palembang, “disapu” (ditertibkan).

Pantauan Palpos.ID, sekitar pukul 10.15 WIB, ratusan personel Satpol PP terlihat membongkar tenda permanen pedagang soto dan bakso tepatnya di seberang Hotel Santika. Selain itu, beberapa unit gerobak pedagang makanan juga tak luput dari penertiban dan diangkut ke truk.

“Radial ini salah satu titik penyumbang macet, jadi harus kita sterilkan dari PKL yang bergadang di depan ruko dan Daerah Milik Jalan (DMJ),” kata Kasi Ops dan Pengendalian Satpol PP Kota Palembang, Hery Andriadi, ditemui di lokasi penertiban, Senin (02/12/2019).

Selain di kawasan Jalan Radial, tambah Hery, pihaknya juga akan melakukan penertiban di beberapa titik lokasi yang banyak PKL serta dipasang reklame atau umbul-umbul.

“Selain PKL, kita juga akan menertibkan reklame dan umbul-umbul liar. Karena Peraturan Daerah (Perdanya) sudah jelas, tanpa kita beri surat perungatan pun bisa kita eksekusi. Jadi bagi bangunan permanen milik pedagang di DMJ, akan kita bongkar, ini bukti kita serius dalam menegakkan Perda,” tegasnya.

Bagi pedagang yang barang-barangnya ditertibkan, lanjut Hery, akan diangkut ke kantor sebagai barang bukti. “Nati bisa diambil di kantor, dan pemiliknya akan kita buatkan surat perjanjian di atas meterai, untuk tidak mengulanginya lagi berdagamg di DMJ. Kecuali sore menjelang malam, kita masih memaklumi,” pungkasnya. (zon)