Rebut Senjata Polisi, Kawanan Pencuri Mobil Dipelor

Kedua pelaku diamankan di Mapolsek Nibung, Senin (2/12). Foto: rat/Palpos.id

MURATARA, PALPOS.ID – Dua dari empat pencuri mobil Suzuki Futura pickup warna hitam Nopol BH 9940 SK, yakni Sirin (40), warga Dusun I, Desa Jadi Mulya I, Kecamatan Nibung, dan Dodi Candra (37), Dusun II, Desa Sungai Lanang, Kecamatan Rawas Ulu, berhasil ditangkap anggota Polsek Nibung.

Dalam drama penangkapan, Kamis 28 November 2019, sekitar pukul 11.15 WIB, di rumah pelaku Sirin. Keempat pelaku melawan dan berusaha melarikan diri dengan terjun ke sungai. Sempat terjadi kejar-kejaran antara anggota dengan pelaku, dan anggota memberikan tembakan peringatan. Akan tetapi pelaku tetap berusaha melarikan diri, sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kaki kedua pelaku. Sementara, dua pelaku lainnya, Oyon dan Beri berhasil lolos dan masih dalam pengejaran polisi.

Kapolres Muratara, AKBP Adi Witanto didampingi Kapolsek Nibung, Iptu Denhar mengetakan, para pelaku ditangkap berdasarkan laporan dari korban Jabir. Dimana, pada Minggu 17 Februari 2019, sekitar pukul 02.05 WIB, telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan 1 unit mobil merk Suzuki Futura model pick up warna hitam Nopol BH 9940 SK.

“Saat kejadian, korban dan keluarganya sedang tidur. Sedangkan  mobil korban berada di dalam garasi rumah. Saat bangun, melihat mobilnya sudah hilang. Para pelaku mencuri mobil korban dengan cara mencongkel kunci garasi, lalu membawa mobil korban kabur,” ungkapnya, Senin (2/12).

Setelah mendapat laporan dari korban, lanjutnya, anggota langsung melakukan dan Kamis 28 November 2019, sekitar pukul 11.15 WIB, mendapat informasi bahwa pelaku Sirin sedang berada dirumahnya.

“Saat digerebek pelaku Sirin berusaha kabur dengan cara loncat ke sungai di dekat rumahnya. Anggota di lapangan sudah berupaya memberikan tembakan peringatan, tapi pelaku tetap kabur sehingga dilakukan tindakan tegas terukur dan berhasil meringkusnya,” bebernya.

Dari “nyanyian” pelaku Sirin, bahwa dirinya tidak sendiri mencuri mobil korban, melainkan bersama tiga orang temannya. Selanjutnya, anggota menuju rumah pelaku Dodi Candra, dan melakukan penggerebekan. Lagi-lagi kawanan penjahat tersebut berusaha melawan dengan merebut senjata api milik anggota dan hendak kabur.

“Tapi anggota kita di lapangan dengan cekatan langsung melumpuhkan pelaku Dodi Candra di kaki kirinya. Ketika diintrogasi, kedua pelaku menyebut dua nama lagi, Oyon dan Beri. Keduanya masuk DPO kita, dan akan terus kita kejar,” tegasnya. (rat)