Siswa SMPN 12 Palembang Sakit Bisa Ikut Ujian Susulan

Siswa SMP Negeri 12 Palembang saat ujian PAS Gazal, Selasa (03/12/2019). Foto Istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – SMP Negeri 12 Palembang membuat kebijakan untuk siswa yang tidak bisa ikut ujian karena sakit.

Kepala Sekolah SMP N 12 Palembang Ahmad Fauzi, melalui wakil Kurikulum, Arif Budiman Pramana mengatakan, bahwa sekolahnya memberikan kesempatan kepada siswa yang sakit untuk ikut Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil susulan.

“Meskipun ujian PAS ini menjadi penilaian akhir siswa/I di sekolah, kita tetap akan berikan kesempatan kepada siswa yang benar-benar sakit dengan membuktikan surat keterang dokter ikut ujian susulan,” ungkapnya, Selasa (03/12/2019).

Disebutkan Arif, tahun ini siswa yang ikut PAS sebanyak 777 siswa, dihari kedua ini dilaporkan ada satu siswa yang sakit dan terpaksa tak hadir,seharusnya yang ikut ujian berjumlah 778 siswa. “Anak yang sakit ini akan diikut sertakan pada PAS susulan sesuai dengan mata pelajaran yang tidak dia ikuti,” jelasnya.

Ia menambahkan, walaupun pelaksanaan PAS semester ganjil ini memiliki standar minimal nilai, pihaknya optimis semua siswa bisa mencapai passing grade yang telah menjadi acuan. “Tahun lalu 100 persen semua mencapai nilai ketuntasan minimal dan tahun ini kita berharap semua juga lulus. Karena kita sudah berikan sosialisasi ke guru agar mempersiapkan pelaksanaan PAS dengan maksimal,” ujarnya.

Salah satu siswi SMP Negeri 12 Palembang, Puteri Amrina Rosada mengatakan, bahwa di ujian semester ini memang ada beberapa soal yang sulit dijawab. “Soal yang susah dijawab itu hanya sedikit. Apalagi sebelumnya guru juga sudah memberikan latihan soal yang kemudian dipelajari bersama sebelumnya,” katanya. (nov)