Melawan, Buronan Maling Motor Ditembak

Tersangka Fery bersama barang bukti saat di Mapolres Muba, Rabu (04/12/2019). Foto: romi/Palpos.ID

SEKAYU, PALPOS.ID – Setelah dua bulan diburu polisi, pelaku terakhir yang terlibat kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di Perumahan Praja Permai, Keluarahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba, akhirnya berhasil diringkus anggota Satreskrim Polres Muba.

Pelaku dimaksud, Fery Irawan (27), warga Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Muba. Dia diringkus saat bersembunyi di kebun miliknya di Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Keruh, Selasa (03/12/2019) dini hari.

“Benar, pelaku ketiga kasus pencurian di Perumahan Praja Permai, sudah kita tangkap. Namun, karena melakukan perlawanan dan mencoba kabur saat akan ditangkap, pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki kirinya,” ungkap Kapolres Muba, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem melalui Kasatreskrim, AKP Deli Haris, Rabu (04/12/2019).

Dikatakannya, tersangka Fery melakukan aksi curat bersama dua rekannya yang sudah lebih dulu tertangkap, yakni Bobi One dan Pingko. Ketiga pelaku mencuri sepeda motor milik korban Adi Candra yang terparkir di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Selasa 10 Oktober 2019, sekitar pukul 02.15 WIB.

“Saat mendorong motor curian, aksi mereka diketahui oleh warga dan satu pelaku atas nama Bobi One tertangkap. Lalu warga menyerahkan pelaku dan melaporkan kejadiannya. Dari introgasi terhadap pelaku Bobi, didapat dua nama lainnya. Anggota Unit Buser langsung bergerak hingga berhasil menangkap pelaku Pingko di seberang Jembatan Musi, Simpang Dusun Lama Kelurahan Soak Baru Sekayu,” jelasnya.

Sementara, pelaku Fery berhasil melarikan diri dan sempat masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Setelah dilakukan penyelidikan secara intensif, akhinya keberadaan Fery diketahui, dan langsung dilakukan penangkapan. “Pelaku Fery ditangkap di tempat persembunyian di kebun miliknya di Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Keruh,” ujarnya.

Dari tangan pelaku Fery, diamankan barang bukti berupa dua pucuk senjata api rakitan (senpira) laras panjang. “Pelaku dan barang bukti sudah  diamankan di Mapolres Muba, saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (rom)