Sandang Gelar Doktor Disaksikan Raja Dangdut

Raja Dangdut Rhoma Irama menghadiri sidang terbuka promosi doktor di IAIN, Rabu (04/12/2019). Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel, H Saefudin resmi menyandang gelar doktor ke-91 dari Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang.

Itu setelah Saefudin berhasil mempertahankan disertasi berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Lirik-Lirik Lagu Dangdut Rhoma Irama (Suatu Pendekatan Hermeunetika-Semiotika) pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Seminar Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (04/12/2019) pagi.

Istimewanya, sidang promosi ini dihadiri langsung informan primer disertasi, yakni Rhoma Irama. Sang Raja Dangdut sengaja datang ke Kota Palembang hanya untuk menghadiri Sidang Promosi Doktor Saefudin, yang merupakan Ketua Fans of Rhoma and Soneta (Forsa) Sumsel. Rhoma bahkan diberi kesempatan memberikan testimoni di hadapan para penguji dan undangan.

Sidang sendiri dimulai pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama lebih dari dua jam. Tampil sebagai Ketua Sidang Rektor UIN Raden Fatah Prof M Sirozi MA Phd, Sekretaris Sidang Dr M Adil MA, Promotor Prof Dr Abdullah Idi MEd Co Promotor Dr M Misdar MAg, serta para penguji yaitu Prof Dr Duski Ibrahim MAg, Dr H Akmal Hawi MAg, Dr Abdurrahmansyah MAg, dan Prof Dr Alfitri MSi.

Sidang terbuka ini juga disaksikan Staf Khusus Gubernur Sumsel KH. Amiruddin Nahcrowi dan H. Najib Haitami, Anggota DPRD Kota Palembang Sutami, Pengurus FKUB Hindra Lili, Kabag TU Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil, Kakankemenag Kota Palembang Deni Priansyah, Para Kepala Bidang Kanwil Kemenag Sumsel, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Syafitri Irwan, serta para pejabat di lingkungan Kanwil dan Kemenag Kota Palembang.

Usai sidang, Sekretaris Sidang Dr M Adil MA mengumumkan bahwa Saefudin meraih hasil amat memuaskan. “Pada sidang tertutup beberapa waktu lalu, promovendus meraih nilai 91 dan pada sidang terbuka hari ini promovendus berhasil meraih nilai 93, dengan demikian, promovendus berhak menyandang gelar doktor dengan hasil amat memuaskan. Adapun indeks prestasi kumulatif yang diraih Saefudin adalah 3,97,” terang M Adil.

Prof Sirozi selaku ketua sidang dan juga Rektor UIN Raden Fatah menjelaskan, UIN Raden Fatah bersyukur atas capaian ini. Disertasi ini menambah reputasi Pascasarjana yang kini sudah menghasilkan 91 doktor.

Saefudin sendiri mengaku bersyukur atas keberhasilan meraih gelar doktor. Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari dukungan dari keluarga, para sahabat, dan tentu saja bimbingan yang tak kenal lelah dari para promotor dan penguji. Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih.

“Alhamdulillah saya berhasil menyelesaikan studi S3 di UIN Raden Fatah. Terima kasih kepada Bang Haji Rhoma Irama, Rektor UIN Raden Fatah Prof. Sirozi, Direktur Pascasarja Prof. Duski Ibrahim, para dosen, para pembimbing, rekan-rekan di Kemenag Sumsel dan Forsa. Tak lupa kepada isteri tercinta Nyimas Maryam dan anak-anak. Terima kasih atas dukungan dan pengertiannya,” tuntas Saefudin. (nov/net)