Indonesia Bebas Sampah Jangan Hanya Jadi Slogan

DLH Lahat serahkan Bank Sampah ke Kelurahan Sari Bungamas Lahat, Kamis (05/12/2019). Foto: arif/Palpos.ID

LAHAT, PALPOS.ID Target pemerintah pusat agar Indonesia Bersih dan Bebas Sampah 2025, nampaknya mulai dikerjakan dengan serius oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat.

Pembinaan terhadap lingkungan yang selama ini dilakukan, mulai diterapkan oleh salah satu Kelurahan di Kota Lahat, yakni Kelurahan Sari Bungamas.

Agar dapat memberdayakan masyarakat untuk ikut mengelola sampah dari sumbernya, Kelurahan Sari Bungamas kini sudah memiliki bank sampah sendiri. Dengan nama Bank Sampah Welas Asih. Tujuannya selain mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), masyarakat bisa menghasilkan rupiah dari tiap sampah yang dibuang.

“Dengan adanya bank sampah di kelurahan, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kebersihan lingkungan. Selain itu,  jika dikelola dengan baik bisa juga meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Plt DLH Lahat, ir Agus Salman, melalui Kabid LB3 DLH Lahat, M Jonliadi SE, Kamis (05/12/2019).

Sementara, Kasi LB3, Khairul menuturkan, Kelurahan Sari Bungamas diharapkan bisa jadi pelopor pengelolaan sampah berbasis desa/kelurahan di Kabupaten Lahat. Sehingga sampah yang dihasilkan masyarakat di tiap kelurahan/desa, bisa dikumpulkan di satu tempat. Pengangkutannya pun bisa dikelola dengan baik.

“Tentu ini bakal jadi tantangan tersendiri bagi Lurah Sari Bungamas dan pengurus Bank Sampah Welas Asih. Setidaknya sampah jadi rupiah bukan hanya slogan, tetapi benar-benar terwujud,” tuturnya. (ari)