Bupati Mura Dorong Petani Manfaatkan Sawah Kering

Bupati bersama sejumlah Kepala OPD di Mura, menanam jagung di lahan kering Agro Techno Park, Desa D Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo, Jumat (06/12/2019). Foto maryati/Palpos.ID

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Bupati Musi Rawas (Mura) H Hendra Gunawan (H2G), mendorong petani untuk tetap memanfaatkan sawah kering agar tetap produktif. Salah satunya dengan cara menanam jagung.

“Kita tahu kemarau membuat area lahan petani banyak yang kering, seperti ini meski disamping irigasi tapi kering,” demikian diungkapkan H2G usai acara gerakan menanam jagung menuju Musi Rawas Swasembada Jagung, di lahan Agro Techno Park, Desa D Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo, Jumat (06/12/2019), seraya menunjuk lahan yang akan dijadikan kebun jagung.

Dikatakan H2G, selain jagung sawah kering juga bisa dimanfaafkan untuk menanam yang lain seperti cabe. Hal itu sudah dilakukan di daerah lain dan bisa berhasil. “Jadi walaupun kemarau, tetapi sawah yang kering masih tetap bisa dimamfaatkan,” tegasnya.

Dia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Rawas tidak akan berputus asa untuk mendorong petani agar tetap produktif.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mura, Zuhri Sawal, didampingi Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Mura, M Tohirin, menegaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan air petani yang sawahnya kering, bayak hal yang dilakukan. Termasuk salah satunya membuatkan sumur  bor. (mar)