Pertarungan Mawardi dan Ilyas Bakal Sengit

Ilustrasi. Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pertarungan kursi Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI), antara petahana Ilyas Panji Alam, dengan putra wakil gubernur Sumsel Mawardi Yahya (Ofi atau Panca,red) diprediksi akan panas dan sengit. Tidak hanya itu, suara partai Golkar juga dipredikisi akan terbelah.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto, saat dihubungi koran ini, Jumat (06/12/2019). Menurutnya, saat ini Ketua DPD Golkar Sumsel Ir H Alex Noerdin MM, telah mendeklarasikan dukungan kepada petahana Ilyas.

Namun kader akar rumput akan tetap mendukung Mawardi Yahya. Karena mereka memang loyal dengan Mawardi. “Meski suara Golkar terpecah, namun kader yang ada dibawah akan tetap mendukung putra Mawardi,” kata Arianto, Jumat (06/12/2019).

Menurut Arianto, alasan pertama kenapa akar rumput akan tetap mendukung Mawardi? karena Mawardi sudah 2 periode menjadi Bupati OI dan terbukti pada pilkada lalu putra Mawardi juga meraih kemenangan.

Sedangkan alasan yang kedua adalah PDI Perjuangan maupun Partai Golkar memiliki basis massa yang militan di Kabupaten OI. “Kedua partai memiliki masing-masing wilayah dalam perebutan suara nantinya,” ujar dia.

Oleh karena itu, dalam perebutan kursi orang nomor 1 antar kedua tokoh akan semakin sengit dan panas. Untuk itu, lanjutnya,  kedua kandidat juga harus memiliki program untuk menggaet suara pemilih pada pemilukada nanti.

“30 pekan kedepan akan diketahui peta politik antara partai maupun kandidat. Dan kita lihat juga partai mana yang akan mendukung Mawardi dan Ilyas,” tukasnya. (opa)