Tinggal Selangkah Lagi

Pemain Timnas U-23 Egy Maulana Vikri bakal tampil all out di laga final melawan Vietnam, Selasa (10/12)mendatang. foto : pssi.org

MANILA, PALPOS.ID – Target medali emas sepak bola SEA Games ke-30 Manila yang diusung skuat Garuda Muda U-23 tinggal selangkah lagi. Di partai puncak, kembali Egy Maulana Vikri akan menjajal Vietnam.

Vietnam melaju ke partai puncak setelah menyingkirkan Kamboja dengan skor 4-0, sedangkan Indonesia menghentikan langkah Myanmar lewat kemenangan 4-2 melalui perpanjangan waktu.

Jika Indonesia bisa mengalahkan Vietnam dan menjadi juara, maka akan mengulang sejarah pada tahun 1991 di tempat yang sama, yakni di Stadion Rizal Memorial.

Pelatih Indra Sjafri memuji semangat juang para pemain. “Mereka membuktikan punya mental juara. Meski kebobolan dua gol dalam waktu singkat, mereka tetap merespons dengan cara positif. Kekuatan mental menjadi kunci untuk mencetak dua gol tambahan lainnya,” kata Indra.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga mengapresiasi penampilan para pemainnya. Namun, dia mengingatkan agar tim segera melakukan evaluasi untuk mempersiapkan laga final.

“Mudah-mudahan kita bisa mewujudkan medali emas. Tentu kita berharap dukungan dan doa masyarakat Indonesia,” kata Iriawan.

Sementara, pelatih Vietnam Park Hang-seo menilai pertandingan final SEA Games 2019 melawan Indonesia tidak akan mudah karena tim Garuda akan berusaha memperbaiki performa mereka sebelum duel di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12).

“Terima kasih kepada pemain. Ini pertandingan sulit, tapi kami berhasil melaluinya dengan motivasi tinggi. Taktik yang diberikan cocok dengan pemain. Kami akan bertemu Indonesia lagi untuk mewujudkan mimpi 60 tajun. Kami akan memberikan yang terbaik untuk mewujudkan mimpi itu,” ucap Hang-seo diwartakan laman Bongda Plus.

“Vietnam dan Indonesia tinggal di hotel yang sama, dan setiap hari bertemu. Pelatih Indonesia teman saya. Dia menginginkan kami bertemu final, dan sekarang menjadi kenyataan. Selamat buat pelatih Indonesia yang sudah lolos ke final. Dia akan mempersiapkan timnya untuk laga final,” pungkasnya.

Meski telah mengalahkan Indonesia U-22 dua kali di bawah kepemimpinannya, Hang-seo tidak ingin sesumbar. Walau begitu, ia ingin mencetak kemenangan ketiga atas Indonesia.

“Indonesia U-22 punya skuad merata, mungkin yang terbaik di SEA Games. Level mereka dan kami sama. Indonesia pantas menembus ke final. Saya mewaspadai seluruh pemain Indonesia,” ucap Hang-sei diwartakan laman 24h. (zen)