Tidak Tersedia Angkutan Umum, Murid Pilih Bersepeda

Murid SD Negeri 108 Palembang saat sampai ke sekolah, Senin (09/12/2019). Foto: Novry/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Jauhnya jarak dari rumah ke sekolah, ditambah lagi tidak adanya akses untuk kendaraan umum menuju sekolah, tidak menjadikan puluhan murid SD Negeri 108 Palembang malas menuntut ilmu. Bersepeda menjadi pilihan mereka untuk menuju sekolah.

Kepala SDN 108 Palembang, Dewi Murni SPd MM mengatakan, jarak dari rumah menuju sekolah cukup jauh. Jika tidak diantar jemput orang tua, murid di sekolah yang dia pimpin memilih menggunakan sepeda untuk akses menuju sekolah. “Kami terpaksa mengizinkan siswa bersepeda, karena pihak sekolah tidak punya pilihan lain,” tuturnya, Senin (09/12/2019).

Dikatakan kepala sekolah yang terletak di Jalan komplek Sangkuriang Sematang Borang ini, mayoritas yang membawa sepeda ke sekolah adalah murid kelas 4 ke atas. “Jarak dari sekolah ke rumah sampai 5 KM.  Karena siswa kami ini datang dari mana-mana, bahkan ada yang sampai ke jembatan 1 dan jembatan 2 di sematang borang,” terangnya.

Selain itu, akses sekolah yang berada di dalam komplek dan yang di ujung tidak ada kendaraan umum. “Saat ini kami juga sudah siapkan sementara parkir dan kedepan kami akan siapkan lahan parkir sepeda untuk anak-anak ini,” ujarnya.

Tambahnya, sekolah ini memiliki jumlah siswa sebanyak 498 siswa dengan 6 ruangan kelas. Ada dua rombel belajar pagi dan siang dan dominan murid yang sekolah pagi yang membawa sepeda.

Disamping itu pihaknya selalu menghimbau kepada siswa agar selalu berhati-hati menggunakan sepeda saat pergi dan pulang sekolah. “Kita selalu menghimbau siswa ini untuk berhati-hati karena di jalan raya banyak mobil apalagi banyak truk-truk besar yang melintas di daerah sematang borang ini,” terangnya. (nov)