Imbau Siswa Gunakan Libur Untuk Hal Bermanfaat

Drs Riza Pahlevi MM, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Foto Istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Setelah ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) Gazal, siswa diimbau untuk tidak terlena dan menjadikan agenda libur sekolah diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat serta tetap belajar.

Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumsel, Drs Riza Pahlevi MM. Menurut Riza, berdasarkan kalender pendidikan pasca pelaksanaan penilaian akhir sekolah (PAS), siswa akan menikmati libur sekolah sekaligus libur natal dan tahun baru 2020. Libur sekolah akan dimulai 23 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

“Masuk kembali pada 6 Januari 2020, cukup lama waktu berlibur. Kami berharap dapat dimanfaatkan dengan hal yang bermanfaat,” harapnya, Selasa (10/12/2019).

Dia berharap, siswa yang sebentar lagi akan menikmati libur pasca ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) Gazal untuk tidak terlena. “Jangan terlena dengan libur, tetap belajar biar tidak lupa. Ilmu itu ibarat pisau atau pedang, jika tidak terus diasah maka tumpul. Waktu dua minggu itu adalah waktu yang cukup lama, gunakan untuk belajar sehingga saat masuk sekolah nanti, sudah siap menerima pelajaran dengan baik,” tuturnya.

Riza juga meminta kepada orangtua untuk tidak lepas kontrol atau pengawasan kepada anak-anaknya sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Terlebih digunakan untuk nge- games online dan sebagainya yangjutsru akan membuat anak terlena akan dunia pendidikan kemudian harinya.

“Jika anak meminta izin bermain di luar, perhatikan, awasi jangan sampai lepas kontrol. Apalagi bagi orang tua yang sudah punya anak beranjak remaja. Sebisa mungkin habiskan waktu bersama dengan anak sehingga quality time dalam keluarga bisa terus terjaga,” tambah mantan Kadisdik Kota Palembang ini. (nov)