Rantau Kumpai Dipercantik Menjadi Destinasi Wisata

Bupati OKU H Kuryana Azis bersama rombongan berkunjung ke obyek wisata Rantau Kumpai, Selasa (10/12/2019). Foto eko/Palpos.ID

BATURAJA, PALPOS.ID – Setelah lama tidak tersentuh perhatian hingga objek wisata Rantau Kumpai terbengkalai. Kini objek wisata yang terletak di Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap tersebut sudah semakin cantik.

Cantiknya penampilan area wisata tersebut sampai juga di telinga Bupati OKU Kuryana Azis. Orang nomor satu di Bumi Sebimbing Sekudang ini pun terpantik meninjaunya bersama pejabat-pejabat terkait.

Maklum saja. Danau Rantau Kumpai sudah lama ditinggalkan warga untuk menjadi tujuan destinasi wisata utama di OKU. Jangankan orang dalam (lokal), orang luar saja tak pernah tergerak ke sana bila berwisata ke Kabupaten OKU.

Bila datang ke Baturaja, mereka cenderung ingin ke Gua Putri yang melegenda. Bahkan eksistensi Danau Rantau Kumpai sudah kalah kesohornya dengan Taman Kota Baturaja yang setiap hari ramai pengunjung lokal.

Dibincangi Selasa (10/12/2019), Kuryana mengaku sengaja mendatangi Rantau Kumpai untuk  menyaksikan langsung perbahan-perubahan mencolok di danau ini. Diantaranya dibangunnya jalan-jalan setapak  yang bisa mempermudah pengunjung untuk mengelilingi  objek wisata.

Bupati juga mencoba gazebo dan bersitirahat di pondok yang terlihat masih baru. Disini juga dilengkapi kolam pemancingan ikan. Direncanakan dalam waktu dekat dua petak kolam pemancingan yang ada akan ditebar berbagai jenis ikan. Diantaranya, ikan patin, lele, mas, nila, dan gurame untuk pilihan para pengunjung wisata.

Kuryana berharap pejabat terkait lebih serius lagi membenahi dan mengembangkan sarana prasarana serta pengelolaannya. Sehingga eksistensi Danau Rantau Kumpai sebagai salah satu objek wisata yang masyhur dekade tahun 2000-an ke bawah bias

kembali terangkat. (eco)