Pelantikan Kades di OKU Selatan Dibagi Dua Tahap

Juproni SPdi MSi, Kepala Dinas PMPD OKU Selatan. Foto: istimewa/net

MUARADUA, PALPOS.ID – Pemkab OKU Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) OKU Selatan, memastikan pelantikan 97 Kades hasil Pilkades serentak yang berlangsung pada 21 November 2019, akan dilakukan dalam 2 tahap.

Kepastian ini dilakukan mengingat sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati OKU Selatan, masih ada 20 Kepala Desa yang masa jabatannya baru akan berakhir padaJanuari mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas PMPD OKU Selatan, Juproni SPdi MSi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa, Iqbal Surya SKom.

Dikatakannya atas dasar itulah pelantikan Kades terpilih tersebut diwacanakan akan dilantik dalam 2 Tahap yakni untuk Tahap satunya 77 Kades terpilih akan dilantik pada tanggal 26 Desember 2019, sedangkan untuk tahap dua sebanyak 20 Kades terpilih akan dilantik pada Januari 2020 mendatang.

“Jadi pelantikannya akan kita laksanakan menjadi 2 Tahap, tahap satu dilantik tanggal 26 Desember dan tahap dua pada Januari mendatang, sebab masih ada 20 Kades yang belum habis masa jabatannya,” ucap Iqbal, Rabu (11/12/2019).

Dijelaskannya untuk 20 Kades yang SK nya masih aktif dan belum habis maka pihaknya menunggu habis masa SK nya dan baru di lantik seusai habis masa jabatan yakni pada Januari 2020. Sementara untuk 77 Kepala Desa yang dilantik pada 26 Desember 2019, itu karena masa jabatannya ada yang telah lama habis dan ada juga yang baru habis.

“Inilah yang menjadi alasan sehingga pelantikan tersebut dilakukan dalam dua tahap karena memang sudah aturannya, sehingga harus menunggu habis masa SK jabatan Kades tersebut.

Adapun untuk tanggal pelaksanaan pelantikan, terangnya apabila tidak ada perubahan maka akan dilangsung pada tanggal 26 Desember sebab saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk dari Bupati OKU Selatan. (tian)