Wawako Palembang Tebar 9.000 Benih Ikan

Wawako Palembang, Fitrianti Agustinda bersama Komunitas Peduli Sungai menebar benih ikan patin di Sungai Musi, Kamis (12/12/2019). Foto : istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Untuk melestarikan ekosistem sungai, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda bersama  Komunitas Peduli Sungai, Banjir dan Lingkungan Kota Palembang menebar lebih kurang 9.000 bibit ikan patin di Sungai Musi, Kamis (12/12/2019).

Menurut Fitri, penyebaran bibit ini diharapkan mampu mempertahankan ekosistem sungai serta melestarikan habitat ikan di Sungai Musi. ‘’Alhamdulillah kami bersama-sama komunitas peduli sungai, banjir dan lingkungan kota palembang menyebaran 9.000 bibit ikan patin di sungai musi,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini rutin dilakukan dan dia mengajak seluruh komunitas lain untuk peduli sungai. Diakuinya, beberapa jenis ikan mengalami kelangkaan diantaranya ikan gabus, belido dan ikan lainnya. “Bahkan kita ada pengusaha ikan gabus mengaku impor dari daerah lain,” kata dia.

Fitri juga mengimbau masyarakat tidak sembarangan menangkap ikan, apalagi dengan cara meracuni, pakai setrum listrik. “Kami akan bekerja sama dengan polisi air dan dinas perikanan untuk mengawasi dengan ketat habitat sungai agar terjaga. Saya juga mengimbau masyarakat kota Palembang terutama warga yang tinggal di pinggir sungai sama-sama menjaga kebersihan, karena sungai merupakan mata kehidupan,” imbaunya.

Sementara itu Ketua Komunitas Peduli Sungai, Banjir dan Lingkungan (KPSBL) Kota Palembang, Alexander mengatakan, komunitas ini sudah ada di 8 kecamatan, target ada di 18 kecamatan. “Harapan kita bisa membantu pemerintah dan bersinergi untuk menyelamatkan sungai,” kata dia.

Dia juga menyoroti masih banyaknya rumah berdiri di atas Daerah Aliran Sungai (DAS). Ke depan pihaknya, mendorong untuk penataan rumah di pinggir sungai dan rumah diharuskan menghadap ke sungai. “Secara bertahap kita ingin membantu penataan rumah di sungai terlebih sungai Sekanak-Lambidaro,” tukas dia. (sef)