Hujan Deras, Palembang Masih Dikepung Banjir

Banjir yang masih mengepung di Kota Palembang, yang dipicu pasang sungai dan curah hujan yang tinggi. Foto : koer/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang, Jumat (13/12/2019), masih membuat sejumlah kawasan di Palembang tergenang.

Diantaranya di Jalan MP Mangkunegara, Celentang, Veteran, Kapten A Rivai dan Plaju. “Ya motor saya mogok, karena banjir. Jadi, harus mendorong motor cukup jauh juga,” kata Ari, warga yang melintasi Jalan MP Mangkunegara, Jumat (13/12/2019).

Sementara di Jalan Veteran, beberapa titik juga tergenang banjir. “Kita harus ngungsi makan ke tempat yang lebih tinggi, karena tadi di bagian depan banjir,” kata Sri, warga yang makan di salah satu restoran di kawasan Veteran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Kota Palembang, A Bastari Yusak mengatakan, beberapa genangan yang terjadi hari ini, seperti Seperti Veteran, misalnya dikarenakan muka air yang pasang dan intensitas hujan tinggi.

“Kita upayakan untuk pengurangan genangan dengan pompa. Pada saat mendung pompa di saluran Veteran sudah dipersiapkan untuk dinyalakan terutama pada saat muka air Sungai Bendung tinggi (pasang di sungai),” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, saat ini untuk drainase di beberapa lokasi juga masih dalam pengerjaan. Karena itu, Bastari meminta masyarakat bersabar dan pihaknya selalu stanby di lokasi untuk mencoba mengurangi genangan air.

“Dari 59 titik banjir, sekarang sudah berkurang. Petugas kami selalu siaga di lokasi, untuk mempercepat waktu genangan. Kami minta dukungan warga, karena satu persatu titik banjir akan kita bebaskan, seperti di sekitar kawasan Punti Kayu yang saat ini telah bebas genangan,” kata Bastari. (sef)