Tanggap dan Cepat Hadapi Situasi Bencana Alam

Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara mendengarkan penjelasan dari Koordinator Pos SAR Pagaralam, Alfaris, Jumat (13/12/2019). Foto efvhan/Palpos.ID

PAGARALAM, PALPOS.ID –  Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIk MSi pimpin pelaksanaan apel siaga bencana, dalam rangka menghadapi situasi contidential bencana alam di Kota Pagaralam, di Lapangan Merdeka, Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, Jumat (13/12/2019).

“Kegiatan ini sebagai bentuk kewaspadaan, wujud early detection dan early warning yang kita perlu siapkan mulai dari sekarang, karena kondisinya saat ini musim hujan telah masuk. Dan beberapa hari ini hujan sudah sangat deras di Kota Pagaralam,” terang Dolly.

Tentunya hal ini kata Dolly, menjadi warning bagi semuanya untuk mempersiapkan diri, baik dari personel, sumber daya prasarana maupun anggaran, serta metode apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi bencana.

“Harapan kita ketika ada suatu bencana yang dilaporkan oleh masyarakat, tentunya kita semuanya bisa segera tanggap dan cepat untuk mempersiapkan diri, sehingga peralatan-peralatan ini sudah siap guna dan siap pakai dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Apabila tidak melaksanakan tugas dan Tupoksi sebut Dolly, tentunya masyarakat akan merasa kecewa terhadap apa yang telah diberikan mereka. Tentunya hal ini harus dapat disikapi dengan cara yang lebih tanggap, tepat dan cepat dalam menanggulangi bencana.

“Karena itu saya minta kepada seluruh instansi yang memang ditugaskan sebagai penanggulangan bencana, dimohonkan kepada Basarnas dan Tagana serta SKPD yang terkait dengan kebencanaan, saya minta untuk dilakukan evaluasi serta analisis potensi bencana di Kota Pagaralam,” serunya. Terutama masalah bencana longsor, sebut Dolly, sebenarnya bisa terlihat apabila dilihat situasi dan kondisinya di lapangan. (faj)