Kota Palembang Masih Kekurangan Puskesmas

Ilustrasi. Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Untuk memenuhi pelayanan kesehatan terutama kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pinggiran Kota Palembang, Dinas Kesehatan Kota Palembang menilai kedepan butuh penambahan puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia mengatakan, idealnya untuk satu puskesmas itu melayani sebanyak 30 ribu masyarakat. Maka dari jumlah puskesmas yang ada dibandingkan jumlah penduduk kota Palembang, masih butuh sembilan puskesmas lagi.

“Idealnya puskesmas itu ada 50, sekarang baru ada 41 Puskesmas. Selain itu, rumah sakit juga perlu ditambah terutama di kawasan pinggiran,” katanya, Sabtu (14/12/2019).

Dalam beberapa tahun belakangan sudah membangun atau merehab puskesmas di beberapa lokasi.  Terbaru ini ada Puskesmas Gandus, Puskesmas Pembina, Puskesmas 23 Ilir, Puskesmas Keramasan, Puskesmas Sei Selincah dan Puskesmas 5 Ulu.

“Rencana pembangunan puskesmas yang kita nilai perlu, seperti Kecamatan IB II karena penduduknya banyak dan di beberapa titik yang diprioritaskan untuk lokasi yang padat penduduknya,” jelasnya.

Selain itu, Palembang juga masih butuh RSUD type C. Meski, RSUD Gandus sudah operasional, namun dengan jumlah penduduk dan puskesmas yang ada masih dibutuhkan RSUD dengan type C.

Hal tersebut dinilai Letizia sangat penting untuk memenuhi layanan rujukan dari 41 puskesmas yang ada di Palembang. “Kami memang akan kembangkan RSUD, namun masih mencari lokasi yang cocok. Salah satu lokasi yang perlu adanya layanan kesehatan ini seperti wilayah Sako,” katanya. (sef)