Kades di Kabupaten Muba Ditahan di Kabupaten PALI

Lokasi dimana korban Akri tewas setelah terlibat kecelakaan, Sabtu (14/12). Foto: istimewa/net

PALI, PALPOS.ID – Kepala Desa Talang Mandung Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Muba, Husni Thamrin (45), terpaksa meringkuk di sel tahanan Polres Talang Ubi.

Itu setelah tersangka telah menghilangkan nyawa korban Akri (52), warga satu desa, bahkan satu kampung dengannya. Kecelakaan maut yang menewaskan korban itu terjadi, Sabtu (14/12/2019), di Jalan Cor depan lokasi BKB 233 Dusun Talang Padang Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Demikian diungkapkan Kapolres PALI AKBP Yudi Suharyadi, melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Okto Iwan, disampaikan Kanitreskrim Iptu Hairil Rozi. Menurutnya, kejadian berawal saat sang kades mengecek lahan miliknya di Desa Talang Mandung Muba.

Saat berada di lokasi, ternyata pohon kayu di lahan miliknya telah ditebang anak korban (Rizky) yang katanya disuruh oleh korban. Kemudian pelaku menuju Talang Mandung dengan menggunakan mobil Ford Ranger miliknya. Kemudian, tersangka melaporkan kejadian tersebut kepada paman pelaku (Desi Irwansyah), karena lahan kayu miliknya juga ikut tertebang oleh korban.

Setelah itu pelaku hendak pulang. Dan sekitar pukul 16.00 WIB ketika berada di jalan Talang Padang, pelaku bertemu dengan korban dan terjadi cekcok mulut mengenai lahan tersebut.

Lalu korban mengajak pelaku untuk mengecek lokasi. Namun dalam perjalanan, yang mana posisi korban mengendarai sepeda motor berada di depan pelaku.

Namun pelaku khilaf dan langsung menabrak korban dari belakang. Akibatnya korban terlindas dan terseret hingga lebih kurang tujuh meter.

Karena takut, sang kades atau pelaku berusaha melarikan diri dari lokasi kecelakaan. Saat itu, anak korban bernama Rizky berusaha menghadang laju mobil pelaku, hingga Rizky nyaris tertabrak oleh pelaku.

‘’Setelah pelaku kabur, korban yang kritis karena kecelakaan dibawa warga menuju Puskesmas Jirak. Namun sesampainya di depan Puskesmas, korban meninggal dunia,” terang Rozi, Senin (16/12/2019).

Ditambahkan Rozi, menindaklanjuti laporan keluarga korban itu, pihaknya bekerjasama dengan Polsek Jirak untuk mencari pelaku. Kemudian, pelaku dibujuk agar segera menyerahkan diri. ‘’Pelaku kita bujuk, hingga akhirnya menyerahkan diri,” tambah Rozi. (fri)