Pelatnas PBSI 2020 Didominasi Atlet Muda

Ilustrasi. Foto: istimewa/net

JAKARTA, PALPOS.ID – Menutup tahun 2019, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) resmi merilis daftar nama-nama atlet yang akan menjadi penghuni Pelatnas PBSI 2020 mendatang.

Berdasarkan Surat Keputusan nomor SKEP/106/0.3/XII/2019, PBSI telah menentukan sebanyak 105 pemain yang akan mengisi slot kelompok utama dan pratama. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, di mana pemain pelatnas hanya berjumlah total 98 atlet.

Deretan pemain-pemain muda banyak memenuhi daftar pemain pelatnas pada tahun 2020. Hal ini sesuai dengan misi PBSI untuk lebih banyak membina dan mempersiapkan pemain muda demi regenerasi yang berkesinambungan.

“Ada penambahan jumlah yang signifikan terutama dari kelompok pratama. Tahun lalu jumlah total pemain pelatnas ada 98 atlet, tahun ini jadi 105 atlet,” ujar Susy dikutip laman resmi PBSI, Rabu (25/12/2019).

“Pertimbangannya kami banyak merekrut pemain muda, karena memang kami sedang menyaring bibit-bibit muda yang potensial untuk dibina di pelatnas,” lanjut Susy.

Terdapat beberapa nama pemain senior yang tidak lagi terdaftar dalam pemain pelatnas. Menanggapi hal ini, Susy mengatakan bahwa ada beberapa pemain yang sudah resmi mengundurkan diri dari pelatnas dan ingin berkarir profesional.

“Ada beberapa pemain senior yang mengundurkan diri karena tidak mampu bersaing dan tidak memenuhi target dari PBSI. Mereka ingin berkarir secara profesional di luar pelatnas,” tutur Susy.

Para pemain pelatnas telah dipulangkan ke klub masing-masing terhitung 16 Desember 2019 dan akan berlatih kembali pada 6 Januari 2020.

Namun bagi mereka yang akan mengikuti kejuaraan Malaysia Masters 2020 pada minggu kedua Januari, akan kembali ke pelatnas lebih awal, sesuai dengan jadwal yang diprogramkan masing-masing pelatih. (heq/tmp/net)