M.Senen Har, Resmi Jabat Sekda Banyuasin

Prosesi pengucapan sumpah dan janji jabatan Sekda Banyuasin, HM Senen Har, Senin (30/12). foto : malyadi arba/palpos.id

Bertekad Bangun Birokrasi Efektif dan Efisien

PANGKALAN BALAI, PALPOS.ID – Hasil seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama calon Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin telah terpilih. Yakni Dr H Muhammad Senen Har SIP MSi dilantik Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, Senin (30/12), sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuasin setelah melewati tahapan seleksi.

Pelantikan pengangkatan dan pengambilan sumpah Sekda Kabupaten Banyuasin berlangsung di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Banyuasin, dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dari seluruh wilayah Sumatera Selatan.

Bupati Banyuasin H Askolani SH MH menjelaskan, Sekda yang dilantik harus mampu menterjemahkan visi misi dari bupati dan wakilnya. “Apalagi visi misi ini telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah, tinggal dilaksanakan,” ungkap dia.

Mengingat jabatan Sekda posisinya sangat penting di Pemerintahan, Bupati Banyuasin menginginkan Sekda loyal bekerja membantu bupati dan wakilnya. Tujuan utamanya agar keputusan dan kebijakan, dapat dilaksanakan dengan baik agar dalam menjalankan pemerintahan bisa seiring sejalan.

“Sebagai pemimpin tinggi pratama, harus mampu membawa perubahan positif yang signifikan dari sebelumnya dalam mengemban amanah birokrasi. Terutama untuk menaikkan dan memacu kinerja ASN bawahnya,” tegas orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung ini.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Banyuasin Dr H Muhammad Senen Har SIP MSi membeberkan, Sekda memiliki fungsi mengkoordinasikan tugas perangkat OPD, melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelayanan administratif dan pembinaan ASN pada instansi daerah serta pelaksanaan fungsi lainnya dengan baik. Hal ini dilakukan tentunya untuk membangun tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Termasuk dalam hal mengawal kerjasama dengan daerah lain. Saya memahami keinginan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin membangun sebuah birokrasi efektif dan efisien. Peran Sekda menjadi sangat vital untuk bisa membangun komunikasi sebagai penghubung dan penarik minat daerah lain, pihak swasta untuk bisa menjalin kerjasama dengan Kabupaten Banyuasin,” pungkas dia. (mal)