Selamat Jalan Ria Irawan

Suasana haru mewarnai pemakaman artis Ria Irawan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Senin (6/1).

JAKARTA, PALPOS.ID – Setelah berjuang melawan penyakit kanker selama bertahun-tahun, Ria Irawan akhirnya beristirahat dengan tenang pada usia 50 tahun pada Senin (6/1) subuh.

Bintang film Arisan! itu meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Ria Irawan sejak beberapa terakhir ini kondisi tubuhnya mengalami drop.

Istri Mayky Wongkar itu divonis sakit kanker endometrium pada 2014. Setelah dilakukan tindakan mulai dari kemoterapi, radiasi, dan medin lainnya, anak dari Ade Irawan itu dinyatakan sembuh total.

Namun pada 2017 sel kanker di tubuh Ria Irawan kembali aktif menjalar ke diagfragma. Hingga menyebar ke organ lainnya seperti otak dan paru-paru.

Mayky menceritakan krononologi meninggalnya Ria Irawan. Ketika itu dia izin tidak bisa menunggui Ria Irawan karena harus salat subuh.

“Jam empat gue ninggalin Ria Irawan buat salat Subuh. Ada keluarga lainnya yang nungguin dia,” kata Mayky di rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sekembalinya ke kamar perawatan, suasana berubah menjadi saling tangis di antara keluarga. “Pas gue balik, semua pada menangis. Suster bilang kayaknya udah nggk napas,” tutur Mayky.

Rencana hari, kata Mayky, dokter akan melakukan tindakan memaskan kamera kecil untuk mencari sumber kankernya yang dimasukkan ke paru-paru. “Hari Senin ini mau dimasukin alat kamera kecil buat mencari sumber kankernya. Pokoknya harus cari sumbernya,” kata dia.

Paru-paru Ria Irawan banyak cairan. Meski sudah disedot cairan tetap ada hingga akhirnya Ria Irawan meninggal dunia. “Soalnya, kan sedot terus tapi cairan tumbuh lagi dan enggak baik buat paru-paru dia. Eh enggak lama, ya begitulah (meninggal),” tutur dia.

Kakak Ria Irawan, Adi Bambang Irawan menyampaikan sebelum Ria Irawan meninggal telah merasakan tanda-tanda akan kepergian adiknya untuk selama-lamanya.

“Udah ada tanda-tanda Ria mau meninggal, 40 hari dia minta diimamim salat,” kata Adi Bambang di pemakaman.

Untungnya permintaan Ria itu dipenuhi. Adi mengungkapkan baru kali itu dia diminta menjadi imam setelah Ria Irawan diadiagnosa kanker. “Dia dengan berat naik tangga. Baru sekali itu kita salat bareng. Alhamdulilah,” imbuh dia.

Ria Irawan dimamakamkan usia salat Zuhur di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Masyarakat, keluarga dan rekan artis turut menghantarkan ke peristirahatan terakhir Ria Irawan.

Sekilas singkat profil Ria Irawan. Dia bernama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan, anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan yang juga aktor.

Karir di industri hiburan sejak usia empat tahun. Ketika itu penah menjadi figurfan untuk film Sopir Taksi. Setelah itu, masih mendapatkan peran figuran meskipun kali ini ada dialognya dalam film Belas Kasih.

Kemudian karirnya mulai melambug dan di tahun 1975 ia beradu akting dengan Erwin Gutawa dalam film Fajar Menyingsing dan film Chicha dengan Chicha Koeswoyo tahun 1976.

Berkat aktingnya dalam sejumlah film, ia sempat meraih penghargaan dalam Festival Film Indonesia tahun 1986 sebagai Artis Pendukung Terbaik dalam film Bila Saatnya Tiba tahu 1985.

Ria Irawan pada 1997 menikah dengan pengusaha berstatus dua, Yuma Wiranatakusuah. Pernikahan mereka hanya bertahan dua tahun.

Kemudian di tengah melawan kanker, mantan asistennya Mayky Wongkar melamar Ria Irawan dan keduanya menikah pada 2016. Higgga maut memisahkan mereka.

Beriikut deretan film Ria Irawan, Cinta Abadi (1976), Istriku Sayang Istriku Malang (1977), Siulan Rahasia (1977), Dari Mata Turun ke Hati (1979), Ira Maya dan Kakek Ateng (1979), dan Ira Maya Si Anak Tiri (1979).

Jokowi Ucapkan Duka Cita

Ucapan duka terus mengalir untuk Ria Irawan mulai dari penggemar, masyarakat luas, rekan artis hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tampak karangan bunga di rumah duka berjejer, salah satunya dari Jokowi. “Turut berduka cita atas wafatnya Chandra Ariati Dewi Irawan (Ria Irawan). Presiden Joko Widodo dan keluarga,” tulisan di karangan bunga tersebut.

Tak hanya Jokowi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun turut mengirimkan karangan bunga ke rumah duka.

Sutradara Hanung Bramantyo juga turut berduka dengan mengunggah foto Ria Irawan dalam film terbarunya, yang belum dirilis di bioskop, yakni Mekkah I’m Coming.

Istri Zaskia Mecca itu memberikan keterangan bahwa tidak menyangka film tersebut adalah film terakhir Ria Irawan.

“Sejak itu pengen banget rasanya ngajak dia main di filmku. Akhirnya sempet nongol sekilas di Film Soekarno. Ngerasa gak puas, aku mengajaknya main di Film Mekah I’m Coming. Nggak nyangka banget itu bakal jadi film terakhirnya. Selamat jalan Mbak Ria. Semoga kamu damai di Surga,” tulis Hanung.

Aktris Marsha Timothy juga menyampaikan duka di Instagram Story miliknya. “Turut berduka cita sedalam dalamnya semoga untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi ketabahan dan keikhlasan,” ujar Marsha Timothy.

Ernest Prakasa juga menyampaikan belasungkawa. “Baru dapat kabar dari Mbak @dewiirawan13, Mbak @RiaIrawan tersayang sudah berpulang. Selamat jalan Mbak Ria yang baik, sampai jumpa lagi,” tulis Ernest Prakasa.(din/fin)