Tiga Incumbent Berpeluang Lawan Kotak Kosong

Bagindo Togar Butarbutar

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dari 7 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak di Sumsel, 23 September mendatang, ada tiga daerah atau tiga incumbent yang berpeluang melawan kotak kosong ataupun calon bayangan. Sebab, untuk ketiganya belum ditemukannya lawan yang sepadan.

Demikian dikatakan Pengamat Politik Sumsel, Bagindo Togar Butar-butar saat dihubungi wartawan, Senin (06/01/2020) malam.  Menurut Bagindo, dari 7 daerah pilkada, ada dua daerah yang sampai saat ini masih sulit mendapat lawan seimbang. Dua daerah tersebut adalah OKU Selatan dan Musi Rawas (Mura).

“Dua daerah ini paling mungkin untuk terjadinya incumbent melawan kotak kosong. Karena disini incumbent sulit dapat kompetitor yang sepadan. Karena dari berbagai sisi mereka sudah unggul dan mempunyai keluarga dan kinerja yang baik di daerah yang dipimpinnya,” ujarnya.

Selain di dua daerah tersebut, lanjut Bagindo, ada daerah lain yang juga bisa terjadi incumbent melawan kotak kosong yakni di PALI. Karena harus diakui, tingkat kepuasan masyarakat di PALI kepada incumbent cukup tinggi, meskipun tidak setinggi di OKUS maupun Mura.

Disinggung soal tugas parpol untuk menyuguhkan calon kepala daerah bagi masyarakat, Bagindo mengatakan, dimana-mana calon yang akan maju pilkada, bakal memperhitungkan peluang dirinya akan menang.

Begitu pula dengan partai politik, hanya akan mengusung calon yang kansnya besar. Karena parpol tidak ingin memilih sembarang calon, yang pada akhirnya menambah panjang daftar ketidak berhasilan mereka.

Namun, lanjut Bagindo, ada pula parpol yang telah melakukan pembicaraan dibawah meja dengan incumbent, untuk memajukan calon guna menghindari kotak kosong, sekaligus mengukur sejuah mana kekuatan jaringan parpol. Akan tetapi kondisi seperti ini jarang terjadi.

“Karena parpol maupun tokoh masyarakat mempertimbangkan peluang menang sebelum ikut pilkada, maka sangat wajar bila sampai saat ini parpol belum memunculkan nama lain untuk maju di dua daerah tersebut,” sebutnya. (opa)