Dodi dan Thia Bantu Pasarkan Piring Pelepah Pinang

Thia Yupada bersama lembaga terkait melakukan promosi piring pelepah Pinang pemberdayaan masyarakat Muba yang ramah lingkungan, Selasa (07/01/2020. Foto: istimewa/net

SEKAYU, PALPOS.ID – Pemkab Muba bersama Pemerintah Desa dan warganya, tak henti-hentinya melakukan inovasi produk yang menjawab isu lingkungan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Setelah sukses hingga go Internasional dengan produk Gambo Muba- produk kain jumputan berbahan getah gambir- kali ini Pemkab Muba, TP PKK Muba dan Tim Comunity Bussines Development Specialist, Kelola Sendang ZSL Indonesia meningkatkan potensi warga Desa Mendis Kecamatan Bayung Lencir. Produk andalan ini berupa piring berbahan pelepah pinang, wadah makanan pengganti styrofoam.

“Pelepah pinang yang dikelola menjadi wadah makanan pengganti styrofoam dan plastik ini akan terus diproduksi secara berkelanjutan. Sekarang sudah 65 ribu buah dipesan pemilik restoran dari Bali dan Jakarta,” ungkap Dodi Reza Alex yang juga sebagai Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumsel ini, Selasa (07/01/2020).

Dikatakan Dodi, program pemberdayaan masyarakat dan inovasi produk ramah lingkungan akan menjadi fokus  pengembangan pengelolaan pelepah pinang ini. Ia memastikan ketersediaan bahan baku serta memberdayakan masyarakat Muba/pekerja lokal asal Muba untuk dibina oleh Pemkab Muba, Pemerintah Desa, TP PKK bersinergi dengan Tim ZSL.

“Pemkab Muba, TP PKK Muba akan bersinergi bersama Pemerintah Desa. Intinya ini harus berkelanjutan karena produk ini menjawab isu lingkungan, khususnya isu penggunaan plastik di Indonesia selama ini. Dan produk ini salah satu solusinya inovasi produk pelepah pinang penggganti plastik dan styrofoam,” ujarnya.

Lanjutnya, produk hasil inovasi pengelolaan pelepah pinang menjadi wadah makanan pengganti styrofoam ini adalah sumbangan Muba untuk dunia, serta bagian menjaga alam yang ramah lingkungan.

Senada dikatakan Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza, pihaknya akan terlibat dalam pendampingan dan pemasaran produk inovasi pelepah pinang. “Kami juga akan turun ke lapangan dan turut mengajak kaum ibu-ibu di pedesaan untuk andil dalam pembuatan produk ini. Kita akan pastikan ketersediaan bahan baku,” ujar Thia saat berdiskusi dengan pengrajin pelepah pinang dari Desa Mendis. (rom)