Penyebaran Guru PNS di Palembang Tidak Merata

Proses belajar mengajar di salah satu sekolah yang ada di Kota Palembang. Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kabid SD Disdik Kota Palembang Bahrin SPd MM, menyatakan jika Kota Palembang masih banyak kekurangan guru PNS, khususnya untuk Sekolah Dasar (SD).

Selain itu, penyebaran tenaga pengajar itupun tidak merata di semua daerah. “Saat ini kita memang masih kekurangan banyak guru. Namun kami akan terus berusaha untuk menyelesaikan masalah ini secara bertahap. Namun intinya, para guru dan kepala sekolah harus berkomitmen untuk mengembangkan kualitas pendidikan,” katanya, Selasa (07/01/2020).

Bahrin mengungkapkan, saat ini kekurangan guru PNS di setiap sekolah masih bisa diatasi oleh para guru honorer. Kualitas para guru honorer ini pun tidak kalah dibandingkan dengan mereka yang sudah PNS.

“Memang di setiap SD itu guru PNS masih banyak kurang, sisanya dibantu oleh guru  honor, keberadaan guru honor ini memang sangat membantu untuk menutupi kekurangan guru,” ujarnya.

Disisi lain, Bahrin menyebut, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, para guru dan kepala sekolah dituntut untuk lebih inovatif dan kembali pada fungsinya sebagai pendidik.

“Kunci berkembangnya pendidikan itu ada di inovasi, makanya guru dan kepala sekolah harus inovatif. Jangan berkutat mempermasalahkan anggaran, sebab itu sudah ada alokasinya,” tukasnya singkat. (nov)