Bakal Terbitkan Alquran Terjemahan Bahasa Palembang

H Akhmad Najib menghadiri rakor sosialisasi penerjemahan alquran dalam Bahas Palembang, Rabu (08/01/2020). Foto: humas pemprov sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Gubernur Sumsel H Herman Deru mendukung penuh disosialisasikannya terjemahan Alquran ke dalam bahasa Palembang.

Gubernur yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H Akhmad Najib mengatakan, Alquran dengan terjemahan bahasa Palembang ini diyakini akan mempercepat Sumsel menjadi provinsi yang semakin religius.

Sebab, masyarakat Sumsel akan lebih mudah memahami isi dalam kandungan Alquran dengan terjemahan bahasa Palembang tersebut.

“Ini hal yang membanggakan bagi kita. Itu akan menunjukkan jika sumsel merupakan Provinsi yang religius,” kata Akhmad Najib, saat Rapat Koordinasi Sosialisasi Penerjemahan Alquran ke dalam Bahasa Palembang di ruang rapat Rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (08/01/2020).

Selain itu, dengan Alquran terjemahan bahasa Palembang tersebut secara tak langsung bisa menjaga kearifan lokal. “Budaya Palembang khususnya bahasa akan lebih dikenal berkat adanya gagasan tersebut. Kecintaan masyarakat terhadap Alquran lebih meningkat. Selain itu, bisa mendorong program pak gubernur di bidang keagamaan,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Dr HM Sirozi mengatakan, ada tiga faktor yang menjadi latar belakan tercetusnya gagasan membuat Alquran dengan terjemahan bahasa Palembang.

Pertama yakni tujuan akademik. Dimana UIN sendiri secara langsung dapat memperkenalkan karakteristik bahasa Palembang. Yang kedua adalah tujuan kebudayaan. Dengan adanya Alquran tersebut secara otomatis masyarakat akan memahami budaya berbahasa di Palembang.

Sebab, menurut Sirozi, di dalam bahasa Palembang terdapat nilai-nilai keagungan yang harus dilestarikan. “Yang ketiga tujuan keagamaan. Kita ingin mengedukasi jika antara agama dan budaya itu ada semangat yang saling berhubungan. Sehingga nantinya agama menjadi tidak asing di budaya Palembang, begitu juga sebalikanya,” ungkapnya. (bar)