Karang Raja Muara Enim Pelopori Layanan Digital

Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah Launching layanan digital di Desa Karang Raja, Rabu (08/01/2020). Foto lukman/Palpos.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim, selangkah lebih maju dengan menghadirkan aplikasi pelayanan publik berbasis android. Layanan digital tersebut merupakan pertama diterapkan pemerintahan desa diwilayah Bumi Serasan.

Aplikasi bernama Karang Rajaku ini dilaunching langsung oleh Plt Bupati Muara Enim H Juarsah di Kantor Kepala Desa (Kades) Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Rabu (08/01/2020).

Kepala Desa Karang Raja, Octavianty menjelaskan, aplikasi ini tediri dari dua versi, yaitu situs web dan perangkat android melalui telepon seluler (Ponsel).

“Melalui aplikasi ini masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan publik secara daring (online) tanpa harus datang langsung ke kantor Kades,” kata Octa.

Dia mencontohkan, untuk layanan administrasi kependudukan, seperti permohonan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte kelahiran, surat pengantar SKCK, surat pengantar domisili dan lain sebagainya dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Masyarakat atau pemohon hanya diminta registrasi, kemudian mengisi formulir yang tersedia didalam aplikasi, lalu mengunggah dokumen yang diminta. Setelah dikirim, data akan diproses oleh perangkat desa dan kemudian surat atau dokumen yang telah selesai akan dikirim melalui email si pemohon.

“Tak hanya itu, masyarakat luas juga dapat mengakses berita maupun informasi terbaru mengenai program pembangunan di Desa Karang Raja,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Muaraenim menyambut baik hadirnya inovasi ini. Menurutnya di era digitalisasi sekarang, sudah seharusnya semua sistem pelayanan publik termasuk pemerintahan desa memanfaatkan aplikasi daring untuk lebih menjangkau pelayanan kepada masyarakat.

“Saya pun berharap aplikasi ini dapat diikuti oleh desa-desa lainnya di Kabupaten Muaraenim sehinggame mendorong akselerasi pembangunan dan kemandirian desa,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak PT Bukit Asam (Persero) selaku mitra kerja Pemkab Muaraenim, melalui Manajer Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Hendri Mulyono menyerahkan secara simbolis 6.800 paket sembako kepada masyarakat Desa Karang Raja sebagai ungkapan syukur pencapaian kerja 2019 dan mengawali tahun 2020. (man)