Berkas dan Tersangka Pemalsuan Surat Tanah Dilimpahkan

Tersangka Kolbi saat diperiksa penyidik Jatanras Polda Sumsel, Kamis (01/09/2020). Foto: Deni

PALEMBANG, PALPOS.ID –  Setelah dinyatakan lengkap atau P21, penyidik Unit I Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel, akhirnya melimpahkan berkas perkara pemalsuan sertifikat tanah dan keterangan palsu.

Selain berkas perkara sebagai barang bukti, penyidik juga melimpahkan tersangka Kolbi (44) ke Kejaksaan Tinggi Sumsel, Kamis (01/09/2020), sekitar pukul 10.00 WIB.

Kanit 1 Subdit3 Jatanras Polda Sumsel, Kompol Antoni Adhi SH mengatakan, pelimpahan tahap dua ini setelah berkas perkaranya lengkap atau P 21, untuk selanjutnya tersangka dalam waktu dekat akan menjalani persidangan.

“Tersangka Kolbi ini ditangkap dan dijadikan tersangka dalam kasus pemalsuan sertifikat tanah. Korbannya pihak Timur Jaya Group atas nama Janda Lyna dengan pelapor Syukur Suryanto. Tanahnya sendiri terletak di simpang tiga Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Sukarami, dan kasusnya diketahui pada 13 Mei 2019 lalu,” bebernya.

Dalam perkara pemalsuan sertifikat tanah dan keterangan palsu akta authentik, oleh penyidik tersangka Kolbi dijerat dengan pasal 263 ayat (1), (2) KUHP Jo pasal 266 ayat (1) KUHP.

Sedangkan tersangka Kolbi, membantah telah melakukan pemalsuan sertifikat tanah tersebut. “Bukan saya yang melakukan, tapi yang membuat sertifikat tanah. Pembuatannya juga berdasarkan permintaan,” ucapnya. (den)