Narkoba Dikendalikan dari Lapas Tanjung Pinang

Kurir yang diamankan pelaku Mamat dan Kacik di Ditresnarkoba Polda Sumsel, Kamis (09/01/2020). Foto: denni/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Ditresnarkoba Polda Sumsel, meringkus dua dua kurir narkoba jenis sabu dan pil ekstasi di lokasi dan waktu berbeda. Kedua tersangka dibekuk saat melakukan transaksi dengan polisi yang menyamar sebagai pembeli.

Pertama kurir ekstasi, Kacik (41), buruh, warga Jalan Tembok Baru Kecamatan Seberang Ulu (SU) II. Kacik diamankan di rumahnya, Minggu (05/01/2020), dengan barang bukti 283 butir ekstasi warna hijau logo S, dan ponsel Samsung.

Kemudian kurir sabu, M Isnen alias Mamat (23), warga Lorong Rela Perum Serengam Setia, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) II. Mamat dibekuk di Jalan Letjen Bambang Utoyo, di depan SMPN 4 Palembang, Kecamatan IT II, Senin (06/01/2020). Darinya polisi mengamankan barang bukti 108,8 gram sabu senilai Rp100 juta lebih, ponsel merek Nokia dan motor Honda vario warna silver Nopol BG 9954 ACL.

Dirres Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Heri Istu Hariono SSi mengatakan, dari hasil penyelidikan diduga kuat kedua kurir yang diamankan tersebut ada kaitan dengan jaringan narkoba Lapas Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Iya, dugaan kuat pelaku Mamat yang kita amankan dari hasil pengembangan pelaku sebelumnya yang kita tangkap, merupakan jaringan Riau kemarin. Ada kemungkinan mengarah ke jaringan Lapas Tanjung Pinang Kepri,” tegasnya.

Tersangka Mamat sendiri mengaku hanya disuruh Ad (DPO) untuk mengantarkan pesanan sabu kepada seseorang dengan upah Rp1 juta. “Aku disuruh Ad (DPO), ini kedua kalinya. Sebelumnya diupah Rp 1 juta, tetapi ini belum dibayar sudah ketangkap, mau karena kebutuhan,” ujar Mamat kepada Palembang Pos.

Senada dikatakan tersangka Kacik (41), dirinya hanya disuruh seorang perempuan inisial Em (DPO), untuk mengantar 300 butir ineks yang dipesan polisi menyamar sebagai pembeli dengan harga Rp155 ribu perbutir. “Barangnya aku ambil dari Ac (DPO) di daerah Plaju,” katanya. (den)