Reka Ulang, Engek Tewas Ditabrak Kades

Reka ulang kasus pembunuhan yang diduga dilakukan Kades bernama Husni Thamrin, di Mapolsek Talang Ubi, Kamis (09/01/2020). Foto: Friday/Palpos.ID

PALI, PALPOS.ID – Reka ulang kasus pembunuhan yang menewaskan Akri alias Engek (52), warga Desa Talang Mandung Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Muba, digelar di halaman Mapolsek Talang Ubi, Kamis (09/01/2020).

Dalam reka ulang dihadirkan langsung tersangka Husni Thamrin (45), yang tak lain Kepala Desa Talang Mandung sendiri. Sebanyak 16 adegan diperankan langsung oleh tersangka, yang mana pada adegan ke-12 diketahui kematian korban.

“Ada 16 adegan pada rekonstruksi meninggalnya korban Akri, dan pada adegan ke-12 diketahui penyebab meninggalnya korban akibat ditabrak pelaku. Atas perbuatannya itu, pelaku dijerat pasal 338 junto 351 KUHP ayat 3 KUHP dengan ancaman kurungan penjara diatas 15 tahun,” terang Kapolres PALI, AKBP Yudi Suharyadi, melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Yuliansyah.

Yuliansyah juga menambahkan jika rekonstruksi ini dilaksanakan guna melengkapi berkas sebelum di limpahkan ke kejaksaan.

Sementara itu, Rizki, salah satu anak korban yang juga saksi mata meminta agar tersangka di hukum seberat-beratnya. ‘’Kejadian itu berawal adanya masalah lahan, tapi Pak Kades rupanya menyelesaikan masalah itu dengan cara yang kejam. Untuk itu saya sebagai anak korban meminta agar Pak Kades dihukum seberat-beratnya,” pinta Rizki, usai memberi kesaksiannya pada reka ulang yang digelar Polsek Talang Ubi.

Terpisah, tersangka Husni Thamrin mengaku bahwa tidak ada niat menghilangkan nyawa salah satu warganya. “Itu kecelakaan, saya sudah Haji, tidak mungkin lakukan hal itu,” kilahnya.

Diberitakan sebelumya Husni Thamrin (45), Kepala Desa Talang Mandung Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Muba, harus meringkuk di sel tahanan Mapolsek Talang Ubi Kabupaten PALI. Pasalnya Husni Thamrin diduga dengan sengaja menabrak Akri alias Engek (52) yang tak lain warganya sendiri hingga tewas. (fri)