Kebijakan Kapolri, Tanam 1.000 Pohon Serentak

Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto SIk secara simbolis penghijauan serentak 1000 pohon, Jumat (10/01/2020). Foto: denni/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kebijakan Kapolri Jenderal Idham Azis penghijauan 1000 pohon secara serentak, Jumat (10/01/2020) juga digelar Polda dan Polres Sumsel jajaran. Sebelumnya sudah 9.500 batang pohon yang ditanam baik di satuan Polsek dan Polres di Sumsel untuk tahap satu ini.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto, Waka Polda Brigjen Rudi Setiawan, Pangdam II/Sriwijaya Mayen TNI Irwan, Gub Sumsel H Herman Deru dan Forkopimda, hari ini menambahkan lagi 200 pohon.

“Pagi ini kami Polri melakukan brieving penghijauan, penghijauan ini merupakan kebijakan Kapolri, serentak seluruh Polda melakukan penanaman. Kita sudah memanam untuk tahap 1 ini, 10 ribu pohon,” ungkap Kapolda Sumsel.

Jenderal bintang dua ini melanjutkan, penanaman selanjutnya akan dilakukan ditempat lain yang perlu untuk penghijauan.  “Ditempat lain kita akan tanami juga ya. Penanaman ini artinya kita ikut mewarisi dan dinikmati  cucu kita. Berkontribusi bagi cadagan oksigen, karena manusia bertambah dan pohon pun harus bertambah biar tidak rebutan oksegen ya” cetusnya sambil menanam pohon jambu air.

Gubernur Sumsel Herman Deru sendiri menegaskan, penghijauan ini telah didukung penuh untuk dilakukan serentak di Sumsel.  “Terima kasih Polri, sudah membantu penghijauan. Penanaman di lahan kritis termasuk kanan kiri sepanjang jalan tol juga akan kita tanam. Itu akan sangat luar biasa, namun dengan pohon yang bermanfaat dan punya nilai lebih, seperti pohon-pohon buah,” terangnya kepada Palembang Pos.

Apalagi saat bencana juga tengah melanda seperti ibu kota dan di Lahat. “Iya soal bencana banjir di Pagar Gunung Lahat ada 10 rumah hancur dan satu meninggal karena terseret arus,” cetusnya.

Terkait korban, rumah rusak tentu di bantu dengan pembangun baik itu  rumah atau kebutuhan logistik lainnya. “Kita perbaiki semua tanpa membebani korban, dengan terakomodir dengan baik. Dibantu Pemda dan Pemprov dengan manajemen yang benar tentunya,” tukas Herman Deru. (den)