Sempat Viral di Medsos, Jukir Malam Tahun Baru Diamankan

Jukir liar yang diamankan jajaran Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang, Jumat (10/01). foto : mizon bule/palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Masih ingat dengan video aksi pungli seorang juru parkir di kawasan Stasiun LRT samping Jembatan Ampera, Kecamatan Ilir Timur I Palembang yang viral pada 4 Januari 2019 yang lalu?

Jukir yang diketahui bernama Yoga Pratama (21), warga Lorong Sabar, Kelurahan 8 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, baru diamankan oleh anggota Pidum Satreskrim Polrestabes Palembang, Jumat (01/11), sekitar pukul 17.45 WIB.

Meski sempat membantah dan mengatakan jika video tersebut sudah lama, namun Yoga tak bisa berbuat apa-apa dan pasrah digelandang ke Mapolrestabes Palembang.

“Benar, pelaku kita amankan lantaran diduga sudah melakukan aksi pungli di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, tepatnya di bawah Jembatan LRT. Karena meresahkan warga Kota

Palembang, dan viral, pelaku kita amankan,” ungkap Kasatreskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono melalui Kanit Pidum, Iptu Ginting, Sabtu (01/11).

Dikatakan Ginting, berdasarkan keterangan warga yang sering memarkirkan kendaraannya di lokasi tersebut, pelaku sering memungut biaya parkir lebih mahal dari tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah.

“Biaya parkir mobil yang normalnya Rp3 ribu, dipungut Rp10 ribu oleh pelaku. Parkir motor yang hanya Rp2 ribu, ditagih Rp5 ribu,” ujarnya.

Selain mengamankan pelaku saat menjaga parkir, pihaknya juga menyita barang bukti berupa uang Rp162 ribu diduga hasil pungli.

“Pelaku sudah kita amankan, dan masih dalam pemeriksaan guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut,” kata Ginting.
Sementara, Yoga mengaku jika saat itu dia khilaf mengeluarkan ucapan seperti yang ada di dalam video berdurasi 11 menit tersebut. “Saya khilaf dan menyesal berkata seperti itu,” ucapnya.

Seperti diketahui, dalam video yang sempat viral di IG itu, Yoga yang mengenakan kemeja kotak-kotak lengan panjang dan mengenakan topi warna hijau, terlihat sedang mengatur parkiran di TKP sambil berkata kepada seorang pengendara mobil.

“Jangan cak itu kalau sudah langganan, men biaso 10 ribu, 10 ribu. Kalu 5 ribu, 5 ribu. Nyari penyakit kamu nih ye, nyari penyakit nian kamu nih,” ujarnya dalam video tersebut. (Zon)