Dua Pencuri Kabel JSC Diringkus

Kedua pelaku dan barang bukti ketika diamankan di Mapolrestabes Palembang, Selasa (01/14). Foto: Mizon

PALEMBANG, PALPOS.ID – Dua pencuri kabel jaringan listrik di area Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, diringkus petugas keamanan JSC dari TNI Yonif 141 bersama anggota Unit Pidum Polrestabes Palembang, Selasa (01/14), sekitar pukul 08.10 WIB.

Pencuri dimaksud,  Toni Andre Setiawan (40), warga Tegal Binangun, Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju dan Mona Karwana (24), warga Jalan Robani Kadir, Kelurahan Talang Putri, Kecamatan Plaju Palembang.

Kasatreskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono melalui Kasub Opsal Unit Pidum, Ipda Andrian membenarkan anggota TNI Yonif 141 bersama Unit Pidum telah mengamankan dua pelaku pencurian kabel di area JSC Palembang.

“Kedua pelaku diamankan lantaran tertangkap tangan sedang mencuri kabel di JSC. Informasi yang kita terima, keduanya sudah dua kali melakukan pencurian kabel di area JSC, pertama di lapangan tembak dan kedua di jembatan dayung,” jelas Andrian.

Selain mengamankan pelaku, pihaknya juga berhasil menyita barang buktiberupa  besi tembaga seberat 40 Kg dari dua lokasi berbeda, dan alat panjat tiang PLN (body harnes).

“Dari pengakuan kedua tersangka, untuk melancarkan aksinya, mereka pura-pura menjadi petugas PLN. Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan hukuman 7 tahun penjara,” tuturnya.

Sementara itu, kedua pelaku mengakui telah beberapa kali mencuri kabel listrik di area JSC Palembang.

“Kami susah empat kali mencuri kabel, pernah di daerah Pemulutan OI (Ogan Ilir), Universitas Kader Bangsa, dan JSC,” ungkapnya.

Kabel hasil curian, kata tersangka Toni, dijual Rp68 ribu per kilo dan uangnya dibagi dua untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kami terpaksa melakukannya, karena tidak ada pekerjaan,” pungkasnya. (zon)