Khawatir Kabur, Penyidik Tahan Kades Ulak Jermun

Tersangka Sukarman, Kades Ulak Jermun Kecamatan SP Padang Kabupaten OKI. Foto: istimewa/net

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Oknum Kades Ulak Jermun Kecamatan Kecamatan SP Padang Kabupaten OKI, Sukarman alias Ujang (44), ditahan penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres OKI usai ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (14/01/2020).

Penahanan ini dilakukan lantaran penyidik menghawatirkan tersangka melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatannya.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra, melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah menjelaskan, setelah melalui proses yang panjang, Selasa (14/01/2020) sekitar pukul 15.45 WIB, Unit Tipidkor Satreskrim Polres OKI telah melakukan penetapan dan penahanan.

“Tersangka Sukarman alias Ujang ditahan dalam perkara tindak pidana korupsi, penyalahgunaan wewenang dan jabatan terhadap beras rastra yang terjadi di Desa Ulak Jermun SP Padang OKI,” ungkap dia, Rabu (15/01/2020).

Diceritakan dia, pada Jumat (12/07/2019), sekitar pukul 01.00 WIB, oknum kades tersebut tertangkap tangan oleh personel Polsek SP Padang dan masyarakat Desa Ulak Jermun saat melakukan pengoplosan beras rastra dari pemerintah, di dalam pabrik penggilingan padi milik Junaidi alias Tagok yang berada di RT 06 Desa Ulak Jermun SP Padang OKI.

“Sehingga atas kejadian itu menjadi viral di media sosial maupun media online. Berdasarkan kejadian tersebut, Unit Tipidkor Satreskrim Polres OKI melakukan penyelidikan dan melakukan koordinasi dengan pihak Inspektorat (APIP), Bulog, Dinas Sosial, dan Kortek RI, diketahui negara mengalami kerugian Rp239.677.068,” tandas dia.

Sementara barang bukti yang disita dan diamankan, lanjut dia, 56 karung beras masih tersegel belum terbuka, 31 karung beras sudah terbuka tetapi belum dipindahkan, 31 karung sudah kosong, 5 karung sudah dalam karung biasa 50 Kg, 1 karung ukuran 50 Kg berisi beras 10 Kg, 13 karung kosong ukuran 50 Kg dan 1 buah corong beras. (nur)