Incumbent yang Bersatu Akan Sulit Dikalahkan

Ardiyan Saptawan, Pengamat Politik Sumsel. Foto: istimewa/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Peluang incumbent untuk kembali menjabat sebagai kepala daerah masih sangat besar. Terutama bagi mereka yang masih kompak alias bersatu untuk maju pilkada. Hal ini bisa jadi catatan bagi para incumbent yang akan kembali bertarung pada pilkada 2020 ini.

Demikian dikatakan Pengamat Politik Sumsel, Ardiyan Saptawan. Menurutnya, dimana-mana peluang incumbent itu sangat besar. Karena selain mempunyai anggaran untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui jabatannya, calon incumbent juga sudah dikenal masyarakat. Bahkan kinerjanya juga bisa dirasakan masyarakat.

Oleh sebab itu, incumbent akan sulit dikalahkan bila kinerjanya selama menjabat cukup baik. Dan ditambah kekompakan dari keduanya untuk bersatu kembali dalam pilkada.

“Kalau kinerjanya bagus, dan mereka masih kompak, maka saya yakin pasangan ini akan sulit untuk dikalahkan. Tidak hanya itu, kandidat lain juga akan berfikir ulang untuk ikut pilkada, sehingga kemungkinan mereka melawan kotak kosong sangat besar,” jelas Ardiyan.

Akan tetapi, lanjut Ardiyan, bila kepala daerah ini tidak kompak dan keduanya sama-sama akan maju melalui benderanya masing-masing, maka inilah yang akan membuka kesempatan bagi tokoh lain untuk masuk dan ikut nyalon.

Pilkada Serentak 2020 diprediksi jumlah calon tunggal akan bertambah. Selain aturan membolehkan, biaya yang besar menjadi salah satu alasan munculnya satu kandidat dalam pesta demokrasi. (opa)