Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Sanghe

Kadis Pariwisata beserta konsultan meninjau lokasi wisata air terjun Sanghe, Minggu (19/01/2020). Foto: padri/Palpos.ID

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID – Untuk menarik wisatawan berkunjung ke Empat Lawang, pemerintah setempat terus melakukan penataan kawasan yang berpotensi dijadikan objek wisata.

Salah satunya memfokuskan penataan wisata air terjun sanghe yang bertempat di Desa Terusan baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Dimana pada tahun ini, Dinas Pariwisata akan merencanakan pembangunan  dan mengembangkan  fasilitas  wisata air terjun sange.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata, Mgs Nawawi pada wartawan, Minggu (19/01/2020). “Tahun ini, destinasi wisata air terjun sanghe di Desa Terusan Baru akan dibangun dan dikembangkan dengan menggunakan  anggaran DAK,” kata Nawawi.

Fasilitas yang dibangun di air terjun sanghe lanjutnya yakni  pelataran parkir, musala, menara pandang, pagar pembatas, pargolla, gazebo, serta gerbang untuk identitas destinasi pariwisata.

“Peninjauan telah dilaksanakan Dinas Pariwisata bersama konsultan perencanaan dan melibatkan Kades Terusan Baru dan di sana  Juga akan dibangun kios pedagang dan  informasinya juga pembangunan destinasi ini  disinergikan dengan program pariwisata desa setempat,” jelasnya.

Untuk retribusi  destinasi wisata air terjun sanghe sambungnya, belum dapat dipastikan dan kedepannya akan dikelola dengan baik sehingga bisa menunjang pendapatan asli daerah (PAD).

“Kalau sekarang  belum diambil retribusinya tapi kemungkinan kedepan kalau sudah dikelola dengan diterapkan sebagai salah satu sektor penunjang PAD,” ujarnya. (pad)