Amankah Kopi untuk Anda? Begini Ceknya

JAKARTA. PALPOS.ID – Ada yang meyakini jika konsumsi kopi itu menyehatkan untuk tubuh manusia. Dan memang sudah dibuktikan secara medis, hal itu memang benar adanya. 

Namun perlu di sadari, konsumsi kopi tidaklah selalu menguntungkan. Data Mayo Clinic menyebutkan jika konsumsi kafein yang dikandung kopi, tidak hanya menyebabkan peningkatan dramatis pada tekanan darah, pada mereka dengan hipertensi, namun juga pada mereka yang tidak.

Tidak hanya bertanggungjawab pembatasan hormon yang berfungsi dalam menjaga pembuluh darah arteri ,agar tetap melebar dan melancarkan aliran darah, kafein juga diyakini memicu kelenjar adrenal, untuk melepas lebih banyak adrenalin, yang otomatis menyebabkan lonjakan pada tensi darah. 

Adapun cara untuk memastikan bahwa kopi aman untuk Anda konsumsi, terlebih jika Anda adalah penderita darah tinggi, adalah dengan mengecek bagaimana reaksi tubuh Anda terhadap konsumsi minuman yang satu ini. 

Dengan merekam aktifitas tekanan darah Anda, dengan alat cek tensi, setiap kali mengkonsumsi kopi, 30 hingga 120 menit usai mengkonsumsi, akan memberikan Anda jawaban yang pasti. 

Ketika ada peningkatan 10 poin pada tekanan darah, (catat tensi awal sebelum konsumsi kopi) usai rentang waktu di atas, maka  hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi konsumsi harian hingga 200 miligram per harinya.

Akan tetapi, pada mereka dengan hipertensi akut, sangatlah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi, tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter terkait.(ruf/fajar)