Gubernur HD Dukung Pembangunan PLTU di Baturaja

Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima cinderamata dari Direktur Tambang PT APS, Aman Subagio, Rabu (22/01/2020). Foto: humas pemprov sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Gubernur Sumsel H Herman Deru selain berkeinginan  mengembalikan  daerah ini  sebagai lumbung pangan, juga menjadi lumbung energi.

Keinginan itu dibuktikannya dengan segera dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)  yang direncanakan akan berlokasi di Baturaja Kabupaten OKU.

“Bangga bahwa ternyata sumber daya alam dan energi di Sumsel bisa dimanfaatkan. Sumsel ini penyuplai energi di Sumatera dan Jawa. Ini saatnya kita mendeklarasikan Sumsel, sebagaimana pernah dicanangkan menjadi lumbung pangan dan energi,” kata HD saat menerima audensi Direktur Tambang PT Adimas Puspita Serasi (APS), Aman Subagio beserta jajarannya, di ruang tamu gubernur, Rabu (22/01/2020) siang.

Tak hanya itu, kepada pihak pembangun PLTU, PT Sumbagsel Energi Sakti Perwali, HD menekankan sejumlah hal yang harus menjadi perhatian utama pada saat proses pembangunan dilaksanakan.

“Pada saat pembangunan PLTU 2 x 150 MW, perhatikan ekosistem lingkungannya. Jangan sampai nanti seperti di Bangka. Selain itu perhatikan juga dampak sosialnya bagi masyarakat terutama di wilayah yang dilalui pembangunan tersebut. Kemudian bagaimana kepedulian kita kepada lingkungan masyarakat terutama di bidang agama dan ekonomi,” tambahnya.

Munculnya pembangkit-pembangkit baru ini, menurut HD merupakan sinyalemen baik, terlebih pemprov menargetkan pada tahun 2020 semua desa telah terpasang listrik.

Direktur Tambang PT APS, Aman Subagio mengatakan, pihaknya melalui PT Sumbagsel Energi Sakti Perwali ditunjuk PLN untuk melaksanakan pembangunan PLTU 2 x 150 MW di Baturaja.

“Karena lokasi pembangunan PLTU tersebut melalui dua sungai, saat ini kami telah membangun dua jembatan. Pemerataan lokasi juga sudah dilakukan. Sedangkan ground breaking akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang,” jelasnya.

Meskipun PLN menargetkan pembangunan PLTU harus selesai dalam waktu 3 tahun, Aman Subagio optimis mampu melaksanakan pembangunan kurang dari target yang ditentukan. Sedangkan untuk pembiayaan dikatakannya diperoleh melalui pinjaman bank nasional pemerintah dan pinjaman modal asing.

Sementara Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumsel, Robert Heri mengungkapkan, PT Sumbagsel Energi Perwali telah memenangkan tender, sehingga dalam hal ini Pemprov Sumsel mendukung pembangunan PLTU Sumbagsel 1 untuk mewujudkan Sumsel lumbung pangan dan energi. (bar)