Anggota PPK Wajib Miliki Keterangan Bebas Narkoba

Syarifudin, Komisioner KPU Mura. Foto: istimewa/net

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wajib kantongi keterangam bebas dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Namun, keterangam tersebut wajib dilampirkan setelah peserta PPK dinyatakan lolos semua tahapan seleksi dan masuk dalam daftar lima besar.

“Sementara untuk syarat adminitrasi peserta wajib melampirkan pernyataan bebas narkotika yang ditandatangani peserta di atas materai Rp6.000,” demikian dikatakan komisionerk KPU Musi Rawas (Mura), Syarifudin, Kamis (23/01/2020).

Menurut Syarifudin, bila ternyata peserta PPK yang dinyatakan lulus tidak bisa  melengkapi  syarat  keterangan bebas narkoba dari BNN  maka yang bersangkutan tidak bisa dilantik dan akan  digantikan  oleh peserta yang  peringkat dibawahnya. “Jadi keterangan bebas narkoba daro BNN ini wajib dilengkapi setelah pengumuman lulus,” ujarnya.

Sementara itu, calon peserta PPK yang mengembalikan berkas kembali bertambah menjadi 326, dengan pesert terbanyak dari kecamatan Muara Kelingi 35 orang, Selangit 34 orang, disusul Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK) 33 orang. Muara Lakitan 28 orang dan Muara Brliti 26 orang. Sementara peserta calon PPK yang paling sedikit di Lecamatan Purwodadi hanya 11 peserta.

“Diprediksi calon peserta seleksi PPK bisa sekitar 500 an, karena penerimaan berkas masih terus berlangsung dan baru akan ditutup besok (hari ini),” kata Syarifudin.Setelah tahapan penerimaan berkas ditutup, dikatakannya akan dilakukan seleksi administrasi.  “Penelitian adminitrasi ini akan berlangsung selam tiga hari mulai 25-27 Januari,” ujarnya.

Selanjutnya akan dilakukan pengumuman siapa saja yang lolos dalam seleksi adminitrasi dan berhak mengikuti tes tertulis pada 30 Januari nanti. “Tes tertulis hanya dilakukan satu hari, selanjutnya dilakukan pemeriksaan hasil tes dan hasilnya diumumkan 3-5 Februari,” katanya.

Mereka yang lolos tes tertulis masih belum bisa menarik nafas lega karena masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui, yakni wawancara. “Setelah hasil tes tertulis  diumumkan, masyarakat bisa memberikan tanggapan dalam waktu 9 hari,” jelas Syarifudin. “Tanggal 29 Februari baru diumumkan nama-nama PPK yang akan dilantik,” pungkasnya. (mar)