PBSI Palembang Ingin Gelar Turnamen Tingkat Asia

Ketua PBSI Palembang, Ratu Dewa bermain bersama peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996, Ricky Subagja saat membuka Gojek Badminton Cup II Palembang, Senin (03/02/2020). Foto : humas pemkot palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID – Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, Senin (03/02/2020) membuka Gojek Badminton Palembang Cup (BPC) II. Sebanyak 500 peserta berlaga memperebutkan gelar juara dalam even yang digelar di GOR Pusri ini.

Menurut Harnojoyo, Gojek Badminton Cup II Palembang menjadi momentum kebangkitan olahraga di Palembang, khususnya Bulutangkis yang sempat terpuruk di ajang Porprov Sumsel. “Kita harapkan ini menjadi momentum bagi olahraga bulutangkis agar lebih berprestasi lagi,” kata Harnojoyo.

Dalam even ini juga dihadiri dua atlet dunia Chandra Wijaya peraih medali emas Olimpiade Sydney tahun 2000 dan Ricky Subagja, peraih medali emas ganda putera Olimpiade Atlanta 1996. Kedua legenda bulutangkis tersebut memberikan motivasi kepada para peserta.  “Ini bisa menjadi motivasi atlet kita, mengapa mereka bisa, kita tidak, harus bisa menjadi atlet kebanggan Indonesia dikancah olahraga dunia,” katanya.

Harnojoyo menegaskan, atlet yang berprestasi harus memiliki jiwa dedikasi yang tinggi pada diri sendiri, disiplin dan berkeinginan keras meraih prestasi. “Olahraga itu menunjukan insan yang sehat, sehat artinya memiliki jiwa yang bersih termasuk lingkungan yang bersih dari pembuangan sampah sembarangan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pengkot PBSI Palembang Ratu Dewa mengatakan,turnament Badminton Gojek Cup II Palembang ini sebagai bentuk pencarian bakat dari anak usia dini hingga tingkat remaja, termasuk pencarian bakat ditingkat kelurahan. “Pembinaan tahun lalu kita akui sangat kurang, kita ingin tahun ini jemput bola memperbanyak turnament untuk ajang bangkit merebut juara umum di Porprov nantinya,” katanya.

Dikatakannya, diajang olahraga Bulutangkis tidak bisa dipungkiri banyak atlet Palembang berkiprah di tingkat nasional. “Palembang banyak sekali menyumbang prestasi ditingkat nasional dari atlet binaan Palembang, nanti pada PON kita akan melakukan pembinaan atlet dewasa kita,” ungkapnya.

Target kedepan, kata Dewa, yang juga menjabat Sekda Palembang ini, ingin menggelar turnament setingkat asia. “Setelah banyak atlet berprestasi, kita ingin menggelar turnament tingkat asia,” katanya. (sef)