Dinas Pendidikan Pastikan Pelaksanaan UKK 1 April 2020

Drs Riza Pahlevi MM, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel. Foto: Palpos.ID/dok

PALEMBANG, PALPOS.ID – Berdasarkan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel menindak lanjuti peraturan BSNP tahun pelajaran 2019/2020, pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) untuk siswa jenjang SMK di Sumsel dilaksanakan pada tanggal 1 April sampai dengan 3 Mei 2020.

“UKK dilaksanakan oleh LSP-P1/P2/P3 atau dilaksanakan oleh SMK yang bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI), atau lembaga kompeten yang terkait. Jumlah Asesor dan DU-DI disesuaikan dengan jumlah siswa di paket keahlian masing-masing sekolah,” ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Riza Pahlevi MM, melalui Kabid SMK Mondyaboni, Selasa (04/02/2020).

Menurut Boni, bagi sekolah penyelenggara UKK yang pelaksanaannya kerjasama dengan DU-DI, maka Ketua Sub Rayon menugaskan pengawas dan guru produktif yang relevan untuk melakukan verifikasi tempat Uji Kompetensi Keahlian (TUK).

“Sedangkan bagi SMK yang memiliki LSP-P1 maka TUK diverifikasi oleh LSP pada tanggal 23 Maret sampai dengan 27 Maret 2020,” jelasnya.

Mondy mengingatkan, batas akhir sekolah menyerahkan nilai UKK ini pada tanggal 17 Mei 2020. “UKK ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMK, melalui UKK peserta didik akan lebih siap dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, selain itu juga peserta didik mampu untuk menjadi seorang young entrepreneur di bidang keahliannya masing-masing,” singkatnya. (uci)