Macan Akar Hebohkan Warga Kota Prabumulih

Seekor macan akar yang muncul tiba-tiba di Kota Prabumulih ditangkap warga, Rabu (05/02/2020). Foto prabu/Palpos.ID

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Seekor anak kucing hutan atau yang sering juga disebut macan akar atau blacan, membuat heboh warga Desa Kemang Tanduk Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Kota Prabumulih, Rabu (05/02/2020).

Pasalnya, warga yang tengah dikhawatirkan dengan kemunculan Harimau Sumatera dibeberapa daerah di Sumsel sempat menduga anak macan akar itu adalah anak harimau lantaran warna bulunya hampir sama dengan bulu Harimau.

Informasi dihimpun, kehebohan kemunculan anak macan akar yang diduga anak harimau itu bermula ketika salah seorang warga tengah melintas di jalan desa tersebut dengan mengendarai motor. Tiba-tiba dari hutan, keluar seekor anak macan akar  yang warna bulunya menyerupai Harimau.

Kemunculan hewan liar yang dilindungi itu, membuat pengendara tersebut panik. Warga tersebut langsung kabur dan memberitahukan warga lainnya. Selanjutnya, warga beramai-ramai mendatangi tempat dimaksud dan mencari keberadaan hewan liar itu.

Selanjutnya, warga langsung melakukan penangkapan. Setelah memastikan hewan liar itu bukanlah harimau, warga bersama anggota Bhabinkamtibmas melepas hewan liar itu kedalam hutan.

Bhabinkamtibmas Kemang Tanduk, Briptu Aldi Kasmin ketika dikonfirmasi, membenarkan warga sempat heboh dengan kemunculan hewan menyerupai Harimau itu.

“Ada yang melapor katanya ada Harimau, langsung saja kami melakukan pengecekan ternyata setelah diperiksa bukan harimau tapi hanya seekor kucing hutan atau macan akar yang memang warna bulunya miriop harimau,” ungkapnya.

Karena hewan itu termasuk satwa yang dilindungi sambung Aldi, maka pihaknya memutuskan untuk mengembalikan hewan liar itu kehabitatnya di hutan. “Langsung kita lepaskan kembali ke hutan,” pungkasnya. (wan)