Calon PPK Kabupaten Mura Diduga Terlibat Parpol

Syarifudin, Komisioner KPU Mura. Foto: istimewa

MUSI RAWAS, PALPOS.ID – Sebanyak 140 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) dinyatakan lolos tes tertulis. Namun dari 140 calon PPK itu, beberapa diantaranya diduga terlibat partai politik (parpol).

Hal itu diketahui dari laporan yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mura, selama masa tanggapan masyarakat tahap pertama, yakni 28 Januari -5 Februari 2020.

“Kita sengaja melibatkan publik melalui tanggapan masyarakat terhadap hasil penjaringan calon PPK untuk mengecek apakah 10 besar calon PPK ini layak mengikuti interview dan dilantik menjadi PPK,” ungkap Komisioner KPU Mura, Syarifudin, Kamis (06/02/2020).

Menurut Syarifudin, saat ini sudah ada beberapa laporan/tanggapan masyarakat yang masuk, juga ada masukan dari Bawaslu terhadap figur-figur calon PPK. Dari tanggapan dan masukan itu akan dicek dan dipertimbangkan apakah calon PPK ini layak atau tidak.

Sementara menunggu tanggapan dari masyarakat, pihaknya juga tengah mempersiapkan tahapan interview untuk penjaringan lima besar PPK yang akan dilantik. Setelah interview, masyarakat masih bisa berpartisipasi dengan memberikan tanggapan tahap kedua yang berakhir pada 28 Februari 2020.

“Sampai tanggal 28 Februari tidak ada tanggapan lagi dari masyarakat, maka lima besar calon PPK terpilih akan dilantik,” katanya.

Tetapi sebaliknya, jika ternyata ada calon PPK yang dinilai tidak layak, maka akan diganti oleh calon PPK peringkat dibawanya. “Jadi kita membutuhkan peran aktif masyarakat untuk menjaring calon PPK yang memang berintegritas dan layak mengemban amanat sebagai penyelenggara pemilukada 2020,” pungkasnya. (mar)