Provinsi Sumsel Tuan Rumah Popnas 2021

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Riza Pahlevi MM, melalui Sekretaris Markoginta MSi, saat membuka acara Sunset Smandatupa Sains Sport Extracurricular Competition, Sabtu (08/02/2020). Foto istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Sebagai salah satu sekolah yang konsen membina ekstrakurikuler sport and science, SMAN 21 Palembang mengaku siap memperkuat Sumsel menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021 mendatang, dalam menuai prestasi diajang olahraga terbesar Tanah Air di tataran pelajar ini.

Itu ditegaskan Kepala SMAN 21 Palembang Drs Zulkarnain MPd, usai Pembukaan Sunset Smandatupa Sains Sport Extracurricular Competition Part 2 Palembang, di sekolahnya, Sabtu (08/02/2020).

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Riza Pahlevi MM, melalui Sekretaris, Markoginta MSi, dan diikuti para peserta dari berbagai sekolah di Sumsel.

“Kegiatan ini kali kedua kita gelar setiap tahunnya. Kompetisi ini memperlombakan 23 tangkai lomba, diantaranya adalah tangkai lomba olahraga, voli, futsal, free fire, LTBB, PMR, Rohani Islami, Kelompok Ilmiah Remaja, English Club dan lain-lain,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain ajang ini, pihaknya juga akan memaksimalkan siswa kelas X untuk bisa turun memperkuat Sumsel diajang multievent olahraga pelajar tersebut. “Karena saya juga pengurus KONI dan Ketua Pertina, mungkin tinju juga kita siapkan, dan cabang olahraga lain,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Sumsel Markoginta MSi menyambut baik adanya kegiatan yang diinisiasi SMAN 21 Palembang dengan mencari talenta-talenta dibidang sport and science tersebut.

Menurutnya, kompetisi ini sangat baik dalam rangka sebagai tuan rumah Popnas 2021. “Kami apresiasi dengan SMAN 21 Palembang. Dan memang benar, Popnas 2021 kita sebagai tuan rumah. Kemarin kita sudah rapat dengan pihak Menpora dan KONI perihal pelaksanaan Popnas,” pungkasnya.

Pihaknya berharap kompetisi serupa juga bisa digelar di sekolah lain, agar lahir siswa-siswa berbakat di bidang sport dan science. Untuk diketahui, pada ajang Smandatupa Sains Sport Extracurricular Competition Part 2 Palembang ini diikuti oleh puluhan sekolah, mulai dari Palembang, Prabumulih, Muara Enim dan lainnya. (uci)