60 Titik Parkir Ilegal, Termasuk di Jalan Sudirman

Parkiran di Jalan Sudirman yang masih pro kontra karena ternyata parkir di kawasan ini termasuk parkir ilegal. Foto: koer/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Persoalan perparkiran di Kota Palembang masih belum tuntas. Bahkan, saat ini masih ditemukan titik parkir liar termasuk di Jalan Sudirman.

“Ada 60 titik parkir liar termasuk bahu jalan dan depan pertokoan. Dari puluhan itu potensinya mencapai Rp 11 juta perbulan,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Agus Rizal, Senin (10/02/2020).

Menurutnya, saat ini pengelolaan parkir sudah terkoordinir dengan baik, sebab sudah dilakukan pembagian empat zona parkir Palembang. Yakni zona utara meliputi Sukarame, Alang-alang Lebar dan Kemuning. Zona barat meliputi Ilir Barat I, Ilir Barat II, Bukit Kecil dan Gandus.

Kemudian, lanjut dia, zona selatan yakni Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Jakabaring, Kertapati dan Plaju. Sedangkan zona timur yakni meliputi Ilir Timur I, Ilir Timur II dan Kalidoni. “Sudah dibaginya zona parkir ini diharapkan mendukung capaian retribusi parkir 2020 Rp12 miliar,” katanya.

Agus menambahkan, perparkiran di Jalan Sudirman masih banyak pro dan kontra. Namun, sesuai aturannya di kawasan sepanjang pertokoan Sudirman itu dilarang parkir. Seperti sebelumnya, dilarang parkir pada jam pergi dan pulang kerja.

“Sebenarnya tidak boleh parkir disana, kita juga tidak boleh menarik retribusi yang potensinya Rp20 juta perhari, parkir disana ilegal,” katanya.

Sebelumnya, Pemkot Palembang menyediakan kantong parkir. Diantaranya di eks Bioskop Cineplek, Masjid Agung, Letkol Iskandar, bawah Jembatan Ampera, IP Mall. “Penataan perparkiran ini menjadi fokus kita, kita akan tuntaskan termasuk juga Jukir nakal,” katanya.

Meski dilarang parkir, namun berdasarkan pantauan hingga saat ini di Jalan Sudirman masih ditemukan kendaraan roda empat dan dua parkir si badan jalan.

Salah seorang warga Kota Palembang Diana mengatakan, larangan parkir di Jalan Sudirman sangat bagus untuk ketertiban lalulintas. “Sekarang masih ada yang parkir, tapi sudah cukup lancar, tidak separah sebelumnya dimana kendaraan parkir berlapis,” katanya. (sef)