Program BWM Pinjaman Tanpa Agunan

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama petinggi OJK hadiri peresmian Bank Wakaf Mikro (BWM) di Hotel Novotel, beberapa hari yang lalu. Foto Istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID – Mengakomodir Masyarakat yang tidak memiliki jaminan atau agunan, Pemprov Sumsel bersama OJK meluncurkan program Bank Wakaf Mikro (BWM).

BWM merupakan bank yang dananya didapat dari wakaf masyarakat disalurkan berupa pinjaman modal ke masyarakat dan tidak boleh memungut bunga. Karena dana yang didapat berupa wakaf maka besar kemungkinan pemberinya ikhlas dan tidak meminta imbalan lagi, sehingga dana ini dipinjamkan ke masyarakat tanpa bunga.

Dikatakan, Ketua Dewan Komisioner OJK RI Wimboh Santoso mengatakan, BWM menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usaha tapi memiliki keterbatasan modal dan tidak bisa meminjam modal ke bank karena terbentur syarat dan kebijakan.

“Masyarakat yang tidak memiliki jaminan atau agunan bisa mengajukan pinjaman, tidak ada pembukuan transaksi dagangannya, juga tidak ada NPWP juga bisa mendapat pinjaman modal,” katanya.

Wimboh menambahkan, keberadaan BWM ini diharapakan bisa menjadi solusi permodalan masyarakat ingin menambah usaha, misalnya warung kelontong, kuliner atau usaha kecil lainnya agar tumbuh dan besar juga tidak sampai terlilit hutang.

Karena bank ini modalnya dari wakaf maka dana yang bisa disalurkan ke masyarakat juga terbatas. Dimana, pembiayaan awal Rp 1 juta yang bisa dikembalikan dalam waktu satu tahun atau dicicil Rp 26 ribu per hari dan pengembalian dana ini tidak sulit karena kecil dan bisa disisihkan dari pendapatan.

Bila pengembalian pembiayaannya lancar maka nilai pinjaman bisa naik menjadi Rp 2-5 juta. Tapi di atas Rp 5 juta kita dorong agar mendapat pembiayaan mikro. “Kita targetkan tahap awal bisa tumbuh lebih dari 100 bank sehingga semakin besar manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, ditahap awal ini ada lima Bank yang akan mengelola Bank Wakap Mikro, diharapkan nantinya akan lebih banyak wakaf dari donatur yang semakin banyak pula pinjaman kepada masyarakat. “Di Palembang program BWM ini dilaksanakan di Ponpes Aulia Cendikia,” tutupnya. (har)